Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jun 2019 09:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Destinasi yang Nggak Kalah Suram dari Chernobyl

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Eks rumah sakit jiwa Forest Haven di AS (Google Maps)
Eks rumah sakit jiwa Forest Haven di AS (Google Maps)

FOKUS BERITA

Wisata Kontroversial
Pripyat - Mini seri terbaru HBO: Chernobyl kembali mengingatkan akan salah satu musibah terbesar dalam sejarah. Namun, Chernobyl bukan satu-satunya destinasi suram.

Sejarah mencatat 26 April 1986 sebagai salah satu hari paling kelam di dunia. Tepat pada tanggal itu, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl bocor dan menelan ratusan korban jiwa.

Tak sampai situ, kerusakan terbesar akibat radiasinya pun masih membekas hingga saat ini. Walau telah ditinggalkan dan dicap sebagai zona merah, perlahan sejumlah wisatawan mulai kembali ke Chernobyl untuk berwisata.

Keharian mini seri terbaru HBO yang bertajuk sama pun menjadi salah satu pemantik mengapa traveler kembali melirik destinasi yang telah lama ditinggalkan tersebut.

Hanya saja, di dunia ini Chernobyl bukanlah satu-satunya destinasi suram. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2019), masih ada sekitar 4 destinasi suram yang tentunya tak seberbahaya Chernobyl.

1. Desa Boneka Nagoro

4 Destinasi yang Nggak Kalah Suram dari ChernobylFoto: undefined


Berlokasi di Lembah Shikoku, Jepang, Desa Nagoro boleh disebut sebagai salah satu destinasi suram. Alasannya, desa ini dihuni oleh boneka yang seakan menggantikan kehadiran di desa tersebut. Hii!

Sejarahnya, desa itu kian sepi karena ditinggalkan oleh penghuninya yang merantau hingga tutup usia. Hal itu membuat salah satu penghuni, Tsukimi Ayano, mengisi kekosongan yang ada dengan sosok boneka berbentuk manusia.

Diketahui, ada sekitar 350 boneka berbentuk manusia yang 'menghuni' desa tersebut kini. Jumlahnya pun mengalahkan jumlah populasi manusia hidup di desa tersebut.

2. Scott's Hut

Berlokasi di Kutub Selatan, Scott's Hut menjadi bukti nyata akan penjelajahan British Antarctic Expedition yang digawangi Robert Falcon Scott di tahun 1911 silam.

Tragis, Scott bersama rekan-rekannya tewas dalam ekspedisi tersebut di tahun 1912. Di tahun 1956, tenda miliknya itu pun kembali ditemukan oleh penjelajah asal AS dalam kondisi utuh setelah terkubur di bawah es.

Ajaibnya, kondisi luar dan dalam tenda itu tampak tak berubah setelah 100 tahun. Keberadaannya pun masih ada hingga saat ini.

3. Pegunungan Kleiner Gleichberg
4 Destinasi yang Nggak Kalah Suram dari ChernobylFoto: undefined


Berikutnya adalah Pegunungan Kleiner Gleichberg yang terletak di Thuringia, Jerman. Lokasinya agak sedikit di bawah dua Gunung Gleichberge yang populer.

Diketahui, tak ada sejarah kelam terkait tempat ini. Hanya jika dataang di musim dingin, kamu bisa mendapati suasana suram yang tak kalah dengan adegan di film horor.

4. Rumah Sakit Jiwa Forest Haven

Rumah sakit jiwa lekat dengan banyak kisah suram, tak terkecuali Forest Haven Asylum di Maryland, AS. Kehadirannya pun kian suram usai ditutup tahun 1960 silam.

Kini eks rumah sakit jiwa itu dihiasi oleh banyak grafiti dan interior rusak yang telah dimakan waktu. (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Kontroversial
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED