Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Agu 2019 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Simbol Kedewasaan Orang Samoa di Film 'Hobbs & Shaw'

Bonauli
detikTravel
Dwayne Johnson (Istimewa)
Dwayne Johnson (Istimewa)
Apia - Dalam film 'Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw' terlihat kultur Samoa yang kental. Kalau kamu perhatikan, ada simbol kedewasaan orang Samoa di film tersebut.

Artikel ini akan membahas tentang simbol kedewasaan orang Samoa dalam film 'Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw'. Dalam trailernya, Hobbs dan Shaw terbang ke Samoa untuk berlindung dari musuh, Minggu (11/8/2019).

Keluarga Hobbs pun berkumpul untuk membantunya. Sebagai orang Samoa, membantu keluarga adalah 3 hal yang diutamakan dalam hidup. Orang Samoa menyebutnya Fa'a Samoa.

Seperti yang sudah disinggung, ada simbol kedewasaan orang Samoa dalam film ini. Orang Samoa sangat dekat dengan seni, salah satunya tato atau tatau dalam bahasa Samoa.

Ya, tato menjadi simbol kedewasaan pribadi dan spiritual orang Samoa. Artinya, orang tersebut sudah bisa berkomitmen untuk menjalankan Fa'a Samoa.

Fa'a Samoa berisikan tentang pentingnya keluarga, menghormati orang yang dituakan atau orang tua dan harus memberikan segalanya untuk keluarga. Fa'a Samoa sudah diteruskan sejak 3.000 tahun yang lalu.

Awalnya tato hanya dirajah mulai dari pinggang sampai lutut, inilah tatau tradisional. Mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern, kini seluruh tubuh pun bisa ditato.

BACA JUGA: Mengenal Samoa, Tempat Pertarungan 'Hobbs & Shaw'

Seorang ahli tato akan disebut dengan tufuga ta tatau. Tufuga ta tatau hanya menggunakan alat tradisional untuk menato. Alat tradisional tersebut berupa gading, gigi hiu, cangkang dan kayu.

Proses tato sendiri bisa memakan waktu sampai dua minggu. Syaratnya, orang yang ditato harus ditemani oleh teman atau keluarga. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah tatau yang belum selesai akan dianggap sebagai aib yang memalukan bagi keluarga lho.

Tatau tak hanya diperuntukkan untuk pria, wanita pun memakai tatau tradisional. Namun jarang terlihat karena berada di bagian pinggang sampai paha.

Lantas, apakah ada motif tertentu dalam menggambar tatau? Ada.

Orang Samoa merupakan keturuan Suku Lapita. Suku ini memiliki seni simbol dalam membuat tembikar. Simbol inilah yang menjadi dasar motif pola tatau.

Motifnya sangat khas, contohnya saja tato di badan Dwayne Jhonson 'The Rock'. Memiliki darah orang Samoa, The Rock juga memiliki tatau di lengannya.

Ada berbagai motif tatau tradisional yang bisa dipilih. Secara garis besar motif tatau berupa lingkaran dan simbol-simbol unsur kehidupan di sekelilingnya.

Simbol ini terbagi menjadi 3 motif. Yang pertama adalah langit merepresentasikan kebebasan dan kekuatan. Motifnya berupa Gogo (burung), La (matahari) dan Fa'a Masina (daun pandan yang dibuat melingkar). Bagian tengahnya adalah lingkaran yang disebut circle of life atau Wave alias Galu.

BACA JUGA: Amerika Serikat yang Belum Pernah Anda Dengar

Yang kedua adalah simbol laut yang memberikan arti kedamaian dan Kesatuan. Dalam lingkaran inti biasanya ada penyu yang jadi lambang kebijaksanaan dan kepemimpinan. Jaman dahulu penyu adalah binatang keramat yang hanya boleh dikonsumsi oleh raja di Samoan.

Lingkaran biasanya akan dikelilingi oleh simbol hiu, ikan marlin, kail pancing, jaring, bintang laut sampai cangkang kerang. Ini berkaitan dengan kepandaian orang Samoa dalam navigasi di laut.

Terakhir, ada simbol komunitas dan rezeki. Bagian lingkaran akan diberi motif Fa'atuli yang artinya jejak di tanah. Kemudian akan ada simbol ulat, daun kelapa, polong pisang, daun sukun, sampai daun pandan.

Simak Video "'Hobbs and Shaw', Salah Satu <i>Summer Blockbuster</i> Terbaik Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA