Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Okt 2019 13:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menghidupkan Kembali Tempat Liburan Bangsawan Uni Soviet

Afif Farhan
detikTravel
Tskaltubo, dulunya tempat liburan bangsawan Uni Soviet (BBC Travel/Taylor Weidman)
Tskaltubo, dulunya tempat liburan bangsawan Uni Soviet (BBC Travel/Taylor Weidman)
Tbilisi - Di zaman dulu ketika Rusia masih bernama Uni Soviet, para bangsawan dan elite pemerintahan punya tempat liburan favorit. Kini, tempat itu mau 'dihidupkan' lagi.

Dilansir detikcom dari BBC Travel, Jumat (11/10/2019), tempat liburan tersebut bernama Tskaltubo. Ini merupakan sebuah kawasan di Georgia, yang berlokasi sekitar 200-an km dari Tbilisi, ibu kota negara tersebut.

Sebelum Uni Soviet runtuh di tahun 1991, dulunya Tskaltubo adalah tempat yang spesial. Khususnya bagi para bangsawan Uni Soviet, inilah tempat liburan mereka.

BACA JUGA: Benarkah Ini Antena Pengendali Pikiran Warisan Uni Soviet?

Tskaltubo merupakan kawasan resor. Artinya, di sana banyak terdapat penginapan mewah dilengkapi fasilitas berkelas. Ada perawatan spa termasuk mandi lumpur yang dipercaya bagus untuk kulit, kolam pemandian, dan lainnya.

Beberapa sisa-sisa bangunan di Tskaltubo (BBC Travel/Taylor Weidman)Beberapa sisa-sisa bangunan di Tskaltubo (BBC Travel/Taylor Weidman)


Masih ada sisa-sisa bangunannya yang sudah dikunjungi turis (BBC Travel/Taylor Weidman)Masih ada sisa-sisa bangunannya yang sudah dikunjungi turis (BBC Travel/Taylor Weidman)


Usut punya usut, para pekerja di Uni Soviet pada zaman dulu termasuk dari kalangan bangsawan dan elit pemerintahan memiliki 'hak beristirahat'. Hak tersebut diberikan oleh pemerintah Uni Soviet, berupa liburan selama 2 minggu dalam setahun dan dibayarin.

Kalangan bangsawan dan elit pemerintahannya, selalu mengunjungi Tskaltubo. Mereka akan mengajak keluarga dan bersantai melepas kepenatan di sana.

BACA JUGA: 'Lubang Neraka' Terdalam Dunia di Rusia

(BBC Travel/Taylor Weidman)(BBC Travel/Taylor Weidman)


Pemerintah Georgia ingin menghidupkan kembali Tskaltubo. Rencananya, suasananya di sana bakal dibuat seperti persis di zaman dulu kala bangsawan Uni Soviet berlibur.

Beberapa investor telah masuk dan sedang membangun hotel serta tempat spa. Selain itu, sudah disediakan museum yang menyimpan sejarah-sejarah liburannya bangsawan Uni Soviet selama di Tskaltubo.

(BBC Travel/Taylor Weidman)(BBC Travel/Taylor Weidman)


Menariknya, ada beberapa lokasi bangunan yang sudah berupa reruntuhan dan tetap dipertahankan. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri.

Pemerintah Georgia nantinya akan menjual paket wisata ke Tskaltubo kepada turis dari Rusia dan Eropa. Tentu dengan tema, 'liburan bak bangsawan Uni Soviet'.



Simak Video "Usai Bunuh Pacar, Profesor Rusia Simpan Potongan Lengan di Tas"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA