Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Des 2019 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Untung Angin di Jakarta Tak Sekencang di Tempat Ini

Afif Farhan
detikTravel
Antartika, tempatnya angin-angin kencang (Mario Tama/Getty Images)
Antartika, tempatnya angin-angin kencang (Mario Tama/Getty Images)
Jakarta - Jakarta mulai masuk musim hujan dan angin kencang. Bicara soal angin kencang, ada satu tempat yang punya angin paling kencang di Bumi!

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Kamis (12/12/2019) ada beberapa tempat di dunia yang anginnya paling kencang. Dalam catatan Guinness Book of World Records and National Geographic Atlas, Benua Antartika di selatan planet ini adalah juaranya.

Lokasi persisnya yakni di Commonwealth Bay. Suatu teluk yang lokasinya di bagian utara Antartika.

Inilah Tempat yang Anginnya Paling Kencang di BumiTitik merah adalah Commonwealth Bay (Google Maps)




Kecepatan angin di Commonwealth Bay rata-rata 80 km per jam tiap tahunnya. Paling parah, bisa menyentuh angka 241 km per jam!

"Antartika adalah tempat yang paling menantang untuk mengukur angin," kata John King, peneliti dari British Antarctic Survey pada BBC.

John menjelaskan, lanskap Antartica yang berupa pegunungan dan lembah membuat angin katabatik yang kuat. Inilah jenis angin gunung yang mengalir dari puncak-puncak pegunungan ke lembah.

Inilah Tempat yang Anginnya Paling Kencang di BumiFoto: (iStock)


Semakin dingin permukaan lereng, semakin halus permukaan lereng, dan semakin curam permukaan lereng maka angin yang terbentuk semakin besar. Itulah yang membuat angin di sana sangat kencang!

"Ditambah pendinginan permukaan yang terus-menerus dan salju, membuat udara makin padat di permukaan. Anginnya pun semakin hebat," terang John King.

Inilah Tempat yang Anginnya Paling Kencang di BumiFoto: (BBC Future/Tim Nutbeam)




Commonwealth Bay pun merupakan tempat penelitian dari Australasian Antarctic Expedition (AAE). Mereka sudah mendatangi Commonwealth Bay sejak tahun 1912, yang hingga kini masih dijadikan tempat penelitian berisikan 10-20 orang.

Inilah Tempat yang Anginnya Paling Kencang di BumiFoto: (BBC)


Mereka meneliti tentang pemanasan global, es-es di kutub selatan hingga kehidupan satwa. Sehari-hari, para peneliti di sana 'bertarung' dengan angin kencang.

Bukan hanya bisa terpental, angin di Commonwealth Bay juga berbahaya. Bisa menyebabkan frostbite (jaringan tubuh membeku), hipotermia dan altitude sickness.

Simak Video "Rahasia di Balik Kehidupan Bawah Laut Antartika"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA