Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2019 04:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Manchester Punya Kembaran di Italia

Bonauli
detikTravel
Foto: (Rossi Thomson/BBC)
Foto: (Rossi Thomson/BBC)
Schio - Kota Manchester di Inggris rupanya memiliki kembaran di Italia. Namanya Schio. Mau tahu kenapa Schio disebut kembaran Manchester?

Inilah Kota Schio di Provinsi Vincenza, Italia. Secara kasat mata, kota ini terlihat biasa saja. Namun ada satu waktu yang membuat kota ini jadi daya tarik.

Dihimpun detikcom dari BBC, Jumat (13/12/2019) Schio punya hari di mana kota ini berubah dan terlihat seperti Inggris dari pada Italia, British Day Schio. Semua ini bermula dari masa lalu Schio.

Pada tahun 1718 sebuah pabrik wol di Schio dibangun oleh Nicolric Tron. Sebagai seorang wirausahawan, Tron mengimpor teknologi pemintalan dan penenunan wol baru dari Manchester, Inggris. Saat itu Manchester menjadi kota tekstil di Inggris.

Schio sendiri sudah memproduksi wol selama berabad-abad. Dengan tenaga terampil yang murah dan bahan baku melimpah, Tron sukses memproduksi tekstil halus yang berkualitas.

Schio, Kota Kembaran Manchester Tapi di ItaliaFoto: (Rossi Thomson/BBC)



Teknisi di pabrik Tron didatangkan langsung dari Inggris. Tron juga memperkenalkan budaya dan teknologi Inggris seperti pesawat ulang-alik. Dengan pesawat ini, tekstil berkualitas Tron lebih mudah diekspor ke seluruh Eropa.

Pada abad ke-19, era tekstil Schio melejit ditangan Francesco dan Alessandro Rossi. Duo ayah dan anak ini membangun Fabbrica Alta Schio yang terinspirasi dari pabrik wol di Manchester. Fabbrica Alta Schio berhasil jadi pabrik industri terbesar di Italia pada abad ke-19.

Kini pabrik Fabbrica Alta Schio telah tutup. Tapi semua sejarah dan kedekatannya dengan Manchester membuat Schio jadi kota paling Inggris di Italia.

Untuk mengingat kedekatan Schio dan Manchester di masa lalu, kota ini membuat festival khusus. Tiap tahunnya pada minggu kedua di bulan Oktober, Schio merayakan Festival British Day Schio.

Schio, Kota Kembaran Manchester Tapi di ItaliaFoto: (Rossi Thomson/BBC)

Kegiatan ini bermula dari tahun 2007, kota ini menggelar konser yang isinya adalah musisi Inggris. Tapi kini bukan cuma konser, seisi kota pun akan dibalut dengan sentuhan Inggris.

Bayangkan, Union Jack Flag atau bendera Inggris akan bertebaran di sepanjang jalan. Kedai-kedai makanan akan menjual sesuatu yang dekat dengan Inggris. Misalnya, toko yang menjual gelato akan mengubah namanya menjadi es krim, dan jajanan fish and chips jadi camilannya.



Schio, Kota Kembaran Manchester Tapi di ItaliaFoto: (Rossi Thomson/BBC)

Di akhir festival akan ada parade. Para aktor akan berpakaian menjadi pasukan pengawal Inggris dan Ratu Elizabeth II. Saat rombongan lewat, teriakan gempita terdengar dari sisi jalan. Parade ini benar-benar menunjukkan keseriusan Schio dalam memuja Inggris.

Saking miripnya dengan Manchester, ada kelakar yang terkenal di kalangan warga Schio. 'Cukup tambahkan musim hujan dan kebiasaan pemarah, maka Schio akan jadi kota paling Inggris di Italia.'




Simak Video "Jepa, Pizza dari Mandar yang Kaya Rempah Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA