Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-Iran

Sistem hidrolik Shushtar, Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran (Foto: CNN)

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-IranKompleks Pasar Tabriz, Iran (Foto: CNN)

12. Arkeologi Sassanid Fars

Situs ini terdiri dari delapan situs arkeologi, di tiga wilayah terpisah di provinsi tenggara Fars. Kata UNESCO, Lokasinya termasuk istana dan sisa-sisa kota Kekaisaran Sassanid dari tahun 224 hingga 651 AD.

13. Shahr-i Sokhta

Penggalian penyelesaian temuan Zaman Perunggu di dataran tinggi Iran pada tahun 1967 ini mengungkapkan teknik pelapisan batu yang canggih. Ada pengerjaan logam dan jaringan perdagangan yang maju, menurut Encyclopedia Britannica.

14. Kuil Sheikh Safi al-din Khānegāh dan Ardabil

Kuil spiritual sufi ini dibangun antara abad ke-16 dan ke-18. "Di dalamnya ada perpustakaan, masjid, sekolah, mausolea, waduk, rumah sakit, dapur, toko roti, dan beberapa kantor," kata UNESCO.

15. Sistem hidrolik Shushtar

Menurut UNESCO, inilah karya agung yang jenius juga kreatif dari abad ke-5. Karena, hingga kini masih menyediakan air ke Kota Shushtar.

"Sistem ini terdiri atas jembatan, bendungan, kanal, dan terowongan. Komponen yang paling mengesankan adalah serangkaian kincir air purba yang ditenagai oleh air terjun buatan manusia," kata Lonely Planet.

16. Soltaniyeh

Mausoleum Oljaytu abad ke-14 terletak di Kota Soltaniyeh, barat laut Iran. Ada di atas dataran berdebu, ini seperti kapal luar angkasa kuno, menurut Lonely Planet.

17. Susa

Adalah permukiman kota kuno di Iran barat daya yang berkembang di tahun ke-5 SM. Sampai setelah abad ke-14 M, kota ini merupakan pusat dari sebuah distrik yang penghasil sutra, tebu, dan jeruk, kata Encyclopedia Britannica.

18. Kompleks Pasar Tabriz

Ini salah satu bazar tertua dan terbesar di Timur Tengah. Labirin lorong-lorong tertutup yang berusia berabad-abad ini menjual segalanya, mulai dari perhiasan hingga karpet dan sepatu.

"Ini salah satu contoh paling lengkap dari sistem komersial dan budaya tradisional Iran," menurut UNESCO.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA