Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Feb 2020 11:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Berapa Budget yang Dibutuhkan Untuk Naik Kereta Trans Siberia?

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Trans Siberia
Traveler ini membocorkan anggaran saat melancong dengan kereta Transiberia. (iStock)
Moskow -

Buat traveler yang berencana naik kereta Trans Siberia namun masih bingung berapa pengeluarannya, simak cerita perjalanan traveler yang satu ini.

Menurut traveler bernama Dania Wie, yang beberapa saat lalu di bulan Januari menaiki Trans Siberia dari Moskow, dia mengeluarkan uang Rp 7 juta untuk naik kereta Trans Siberia. Dania tidak memilih satu kali perjalanan.

Jangan traveler kira semua perjalanan Trans Siberia adalah sekali jalan. Beberapa traveler yang telah melakukan perjalanan ini berhenti di tengah perjalanan, lalu lanjut di keesokan harinya. Ini juga bisa menjadi tips agar perjalanan tidak membosankan.

Trans Siberia menawarkan perjalanan dari Moskow-Vladivostok dengan waktu kurang lebih tujuh hari. Tapi, jika terus-terusan berada di kereta terasa bosan, ada baiknya traveler turun, sekalian refreshing dan jalan-jalan.

Perjalanan Dania dari Moskow berhenti di Irkutsk. Dia memilih kereta 2nd class. Biaya yang dikeluarkannya yaitu 16.000 rubel atau sekitar Rp 3.500.000. Kemudian, dia melanjutkan perjalanan ke Vladivostok. Dari Irkutsk, Dania memilih kereta 1st class dengan harga 15.000 rubel atau sekitar Rp 3.225.000. Untuk 3rd class, harganya setengah dari 2nd Class.

Menurut Dania dan kakaknya, mereka mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan uang yang harus dikeluarkan.

Dania Wie dan kakaknya menikmati musim dingin di Rusia dengan kereta Trans Siberia.Dania Wie dan kakaknya menikmati musim dingin di Rusia dengan kereta Trans Siberia. Foto: (Dania Wie/facebook)

"Fasilitasnya worth it banget menurut aku. Karena, memang nyaman banget. Bersih dan komplit perlengkapan tidurnya," kata Dania.

Jika dibandingkan dengan negara lain, tentu perjalanan ini termasuk murah. Bahkan bisa lebih murah dari wisata di Jakarta.

"Gimana ya, mungkin saya diberkati, tapi saya akan mengambil berapapun biaya yang ditawarkan untuk mendapatkan pengalaman ke Rusia, karena itu juah lebih murah ketimbang di negara lain dengan pengalaman yang sama," kata Erica Wie, kakak Dania.

"Merujuk pengalaman di Eropa Barat, Amerika Serikat, Jepang gitu kan kadang-kadang absurd gitu mahalnya ya, sedangkan Rusia itu standar hidupnya dua kali lebih mahal ketimbang Indonesia, jadi masih bisa ditoleransi, karena tempat-tempat hang out di Jakarta pun harganya kadang-kadang lebih mahal dari Rusia," Erica menambahkan.

Saat berhenti di Irkutsk, Dania dan Erica menginap di hotel dengan harga Rp 350.000 per orang semalam. Uang yang Dania keluarkan selama perjalanan sekitar Rp 7.350.000. Itu belum termasuk jalan-jalan selama di Vladivostok. Andai ditotal, dalam perjalanan dua pekan, Dania menghabiskan uang Rp 22 juta, itu sudah termasuk makan dan jalan-jalan.

Nah, untuk traveler yang ingin mencoba perjalanan ini, jangan lupa ada pengeluaran untuk pesawat. Ongkos dari Jakarta ke Moskow adalah sekitar 7-8 juta rupiah. Untuk traveler yang mau naik Trans Siberia bisa liat list harganya di sini.



Simak Video "Tempat Ini Diklaim Paling Aman dari Teror Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA