Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Mar 2020 15:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Negara Terbaik Buat Ngopi

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kopi Ethiopia
Warung kopi di Ethiopia (Foto: Thomas Lewton/BBC Travel)

4. Ethiopia

Selamat datang di tanah kelahiran biji kopi. Menurut legenda, pada abad kesembilan, Kaldi memperhatikan domba-dombanya sangat energik setelah mengunyah apa yang sekarang kita kenal sebagai tanaman kopi, Coffea arabica.

Apakah legenda itu benar atau tidak, klaim Ethiopia sebagai sumber dari semua kopi bukanlah omong kosong. Tanaman kopi arabika adalah tanaman asli dari dataran tinggi di barat daya Ethiopia, dan dari sinilah tanaman kopi menyebar ke seluruh dunia.

Sejak pendudukan yang singkat oleh orang Italia pada pertengahan abad ke-20, orang Ethiopia telah menjadi peminum kopi paling produktif di bumi dan kafe yang menyajikan macchiato tampak di mana-mana.

Cara memesan kopi dalam bahasa lokal: Hade bun, bejaka. Kopi khas Ethiopia: Macchiato.

5. Swedia

Meski tak banyak diketahui, tapi faktanya orang Swedia adalah peminum kopi paling banyak daripada hampir semua negara lain, kecuali orang Finlandia yang lebih gila kafein.

Minum kopi adalah hiburan nasional di Swedia, dan istirahat dengan kopi praktis merupakan bagian wajib dari hari semua orang di sana. Negara ini bahkan memiliki kata sendiri untuk kopi, yakni fika.

Fika diterjemahkan sebagai momen nyaman bersama dengan teman-teman. Tentu momen itu sangat ideal dengan sambil minum kopi dan sesuatu yang manis seperti roti kayu manis.

Selama akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, kopi menjadi minuman yang disukai oleh para bangsawan, dan kaffeehus (kedai kopi) dan konditori (toko kue) menjadi hal umum di jalanan Stockholm, Gothenburg, dan Malmo.

Bagaimana cara memesan kopi dalam bahasa lokal: Kan jag fa en kopp kaffe? Kopi khas Swedia: Black Filter.

7 Negara Terbaik Buat NgopiFoto: Istimewa

6. New Zealand

Negara New Zealand memang sangat indah meski agak terpencil di bagian bawah Pasifik Selatan. Negara ini dijajah oleh orang Inggris yang memasok teh pada abad ke-19, dan budaya kopi dilestarikan para imigran Mediterania.

Pada tahun 1980-an revolusi diciptakan dengan adanya inilah istilah flat white. Itu mengacu pada espresso yang disajikan dalam cangkir kecil dan atasnya diberi susu yang telah dipanaskan hingga bertekstur lembut.

Pada awal 1990-an, beberapa kafe menambahkan pemanggang dan mulai memasok biji kopi. Mereka mulai menawarkan pelatihan ke pelanggan cara mengekstrak espresso yang sempurna dan mencampurkan buih susu ke dalamnya.

Cara memesan kopi dalam bahasa lokal: I'll have a flat white, thanks mate. Kopi New Zealand: Flat white

7. Kosta Rika

Yang terkenal soal kopi Kosta Rika adalah chorreador. Alatnya terdiri dari bolsita seperti kaus kaki berbahan kain halus yang menempel di dudukan kayu.

Chorreador adalah metode paling awal penyaringan kopi. Kopi jenis ini tentu sangat mahal harganya bila dibuat barista berkualitas.

Chorreador telah digunakan di Kosta Rika sejak tahun 1830-an. Saat itu, dalam undang-undang mengharuskan tiap keluarga menanam setidaknya dua semak kopi di tanah mereka dan kopi menjadi komoditi ekspor nomor satu negara itu.

Kopi adalah bagian budaya Kosta Rika yang sangat populer. Bagaimana cara memesan kopi dalam bahasa lokal: Un cafecito, por favor dan kopi khas Kosta Rika: Cafe chorreado.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA