Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jun 2020 05:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Enggak Peduli Tanggal Muda atau Tua, Katak Ini Selalu Cemberut

Syanti Mustika
detikTravel
katak hitam afrika
Katak hitam Afrika yang selalu cemberut (22sect/Instagram)
Jakarta -

Ada spesies katak yang unik di Afrika Selatan. Warnanya hitam, bertubuh mungil dan ekspresinya selalu cemberut. Gemas!

Yuk kenalan dengan Black Rain Frogs, katak hitam dari Afrika Selatan yang bertubuh mungil dan unik. Badannya cenderung gempal, ekspresi wajahnya selalu cemberut.

Katak hitam ini bisa ditemukan di lereng Cape Fold Belt, perbukitan pasir yang berada di Afrika Selatan. Katak itu hidup di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Tahan di suhu dingin.

katak hitam afrika(critter_friend_facts/Instagram) Foto: Instagram


Tubuhnya bulat dan kasar mendukung katak hitam ini hidup di dalam tanah. Katak-katak itu suka menggali dan bisa bertahan tanpa perlu udara, lo. Katak-katak ini biasanya hidup di Fynbos dan pinggiran hutan.

Uniknya lagi, saat merasa terganggu atau terancam, katak hitam itu akan menggembung atau memperbesar tubuhnya. Dia juga akan bertingkah lebih agresif.

Tapi, bukan berarti mereka membenci bertemu dengan sesamanya atau makhluk lain. Katak itu juga punya cinta, juga birahi.

Saat musim kawin, katak betina akan mengeluarkan zat lengket di punggungnya. Fungsi cairan lengket ini adalah menjaga sang jantan supaya tidak jatuh. Cairan ini semacam perekat hingga mereka benar-benar tidak terpisahkan. Uwuu!

katak hitam afrika(22sect/Instagram) Foto: Instagram


Jika kita perhatikan, bentuk tubuh katak hitam hitam mirip alpukat. Permukaan kulitnya kasar dengan adanya tonjolan diseluruh tubuhnya. Bentuk tubuhnya sangat mendukung untuk hidup di dalam tanah berpasir atau gurun.

Namun tetap yang paling menarik dari katak ini adalah ekspresinya yang selalu cemberut dan ingin marah. Badannya yang gempal bulat, dengan ukuran mulai dari 4-5 cm dan kakinya yang pendek membuat katak ini terlihat menggemaskan.



Simak Video "Penyanderaan-Penembakan di Gereja Afrika Selatan, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA