Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 19:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Anehnya, Danau di Kanada Ini Bolong-bolong

Syanti Mustika
detikTravel
The Spotted Lake near Osoyoos Canada is a saline alkali lake that creates the circles when it dries out in the summer.
Danau di Kanada ini bolong-bolong Foto: (iStock)
Osoyoos -

Alam memang punya cara menunjukkan keajaibannya. Seperti danau di Kanada ini yang punya banyak lubang atau terlihat bolong-bolong. Kok bisa?

Danau ini berada di Kota Osoyoos, British Colombia, Kanada, hanya berjarak 9 Km dari pusat kota. Danau ini sangat berbeda dengan danau pada umumnya dan kamu tidak akan bisa berenang maupun memancing di sini.



Dirangkum detikcom, danau ini bernama Spotted Lake atau Danau Kliluk. Kandungan air danau mempunyai kandungan senyawa magnesium sulfat, kalsium, natrium sulfat, mineral, dan perak yang sangat tinggi.

Klikuk, the Spotted Lake, containing one of the world's highest concentrations of mineralsDanau Klikuk (Dok. Thinkstock)


Setiap memasuki musim panas, air akan menguap dan meninggalkan endapan mineral yang mengkristal. Endapan ini nantinya menghasilkan jalan setapak yang berkilauan yang bisa dilewati lho! Endapan itu berwarna kuning, putih, hijau atau biru.

Bila dilihat dari atas, endapannya berbentuk lubang-lubang. Jadi sah-sah saja bila kita sebut danau di Kanada ini bolong-bolong. Fenomena unik ini hanya bisa dilihat pada musim panas, ketika air danau menguap.


Ada cerita yang dimiliki oleh danau bolong-bolong ini. Dulu, danau ini milik keluarga Ernest Smith selama 40 tahun. Ketika Smith mencoba membangun tempat spa, masyarakat sekitar mencoba untuk membeli lokasi danau tersebut. Karena penduduk asli menganggap danau itu sebagai tempat suci.

Namun, penduduk selalu gagal dan lebih dari 20 tahun mereka mencoba untuk membeli danau tersebut. Namun kesepakatan akhirnya dapat diperoleh pada akhir Oktober 2001. Penduduk membeli lahan seluas 22 hektar dengan biaya 720.000 Dollar (sekitar Rp 9,6 Miliar).

The Spotted Lake near Osoyoos Canada is a saline alkali lake that creates the circles when it dries out in the summer.Danaunya bolong-bolong (iStock)


Danau ini dikenal sebagai tempat suci oleh bangsa tertua, atau First Nation yang berada di Kanada dan Amerika Serikat. Di sekitar danau banyak ditemukan tumpukan-tumpukan batu yang menunjukkan kuburan.

Nah terapat beberapa cara yang bisa traveler tempuh untuk datang ke danau ini. Jika traveler berangkat dari Ibu Kota British Colombia, Kota Victoria, akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Traveler harus menyeberang dengan kapal terlebih dahulu, barulah lanjut perjalanan dengan mobil atau bus.

Jika traveler berangkat dari Kota Ottawa, lebih baik menggunakan menggunakan pesawat. Karena jika menggunakan bus menghabiskan waktu 41 jam di perjalanan, sedangkan menggunakan pesawat hanya 7,7 jam perjalanan.

Namun sayang sekali, pengunjung tidak diperbolehkan mendekat ke danau Kanada ini. Terdapat pagar yang dibangun pribumi yang mengelilingi danau. Jadi pengunjung yang datang hanya bisa melihat danau sampai pagarnya saja.



Simak Video "Kanada Dihantam Gelombang Kedua Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA