Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jul 2020 17:51 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Misteri Rumah Sakit Jiwa North Wales, Dikutuk Penyihir Hingga Corona

Putu Intan
detikTravel
Rumah Sakit Jiwa North Wales Denbigh
Tampak depan, Rumah Sakit Jiwa North Wales di Denbigh. (Foto: www.denbighshire.gov.uk)
Denbigh -

Rumah Sakit Jiwa North Wales di Denbigh, Inggris menyimpan kisah misteri mulai dari rumor kutukan penyihir hingga terbengkalai akibat Corona.

Topik mengenai tempat terbengkalai memang tak ada habisnya untuk diperbincangkan. Seperti Rumah Sakit Jiwa North Wales yang kini sudah tak beroperasi namun bangunannya yang besar dibiarkan begitu saja.

Dilansir dari Mirror, Kamis (23/7/2020) orang-orang di sekitar rumah sakit kerap mengalami kejadian yang tak biasa. Mereka mendengar suara teriakan, tertawa, langkah kaki, sampai letusan.

Karena hal tersebut, rumah sakit jiwa ini sering didatangi para pemburu hantu. Salah satunya program TV Most Haunted yang menyebut tempat ini menyimpan rahasia.

Rumah Sakit Jiwa North Wales DenbighRumah Sakit Jiwa North Wales Denbigh. Foto: www.denbighshire.gov.uk

Investigasi itu dilakukan pada 2008 dengan menelusuri bagian dalam bangunan. Setelah penelusuran itu, mereka menyebut tempat ini sebagai Desa Terkutuk. Mereka mengklaim bahwa rumah sakit jiwa ini dikutuk oleh penyihir.

Klaim itu menimbulkan keluhan dari anggota dewan kota dan badan amal kesehatan mental. Mereka mengutuk para penyelidik karena berkomunikasi dengan roh yang ada di padded cell (ruang berlapis khusus untuk karantina orang dengan gangguan jiwa). Padahal ruang itu sebenarnya tak pernah digunakan.

Dulunya, rumah sakit yang dibangun pada 1948 itu memang merawat para pasien dengan gangguan psikiatri. Ada sekitar 1.500 pasien dan 1.000 staf yang bekerja di sana. Namun rumah sakit ini ditutup pada 1995.

Rumah Sakit Jiwa North Wales DenbighRumah Sakit Jiwa North Wales Denbigh. Foto: www.denbighshire.gov.uk

Dikutip dari Daily Post, saat ini orang-orang sudah diperingatkan untuk menjauh dari bangunan itu. Pemerintah memasukkannya dalam daftar Tingkat II yang artinya ada kekhawatiran bangunan ini dapat runtuh sewaktu-waktu. Sebab sebelumnya terjadi sejumlah serangan pembakaran dan perusakan.

Bangunan ini sebenarnya sedang dalam tahap renovasi. Pengembangnya adalah Jones Bros yang akan mengubah rumah sakit jiwa ini menjadi komplek pertokoan, gym, dan restoran.

Ia bahkan menyiapkan dana sebesar 75 juta euro (sekitar Rp 1,2 triliun). Sayangnya pekerjaan itu harus terhenti karena pandemi Corona.



Simak Video "Saksi Mata: Cerita Cucu Moestopo Diculik & Dimasukan ke RSJ"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA