Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 16:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Restoran yang Pernah Dikunjungi Joe Biden di China Ramai Turis Lagi

Restoran yang pernah dikunjungi Joe Biden kini ramai wisatawan
Foto: Restoran China yang perah dikujungi Biden ramai lagi (Getty Images)
Beijing -

Presiden AS terpilih, Joe Biden pernah berkunjung ke sebuah restoran di China pada 2011 silam. Sekarang, restoran itu ramai lagi turis begitu Biden menang dalam Pilpres AS 2020.

Restoran tersebut bernama Yaoji Chaogan. Lokasinya di Beijing, China. Joe Biden diketahui pernah makan di restoran ini saat berkunjung ke Negeri Tirai Bambu pada tahun 2011 silam.

Semenjak Joe Biden terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat mengalahkan Donald Trump, restoran Yaoji Chaogan pun kembali ramai dipadati wisatawan lokal. Mereka penasaran dengan rasa makanan dari restoran yang pernah melayani Biden tersebut. Mereka ingin mencicipi juga makanan yang pernah dimakan Biden di restoran itu.

Antrean pengunjung pun tak dapat terhindarkan. Beruntung China sudah mengizinkan warganya untuk makan di restoran secara beramai-ramai karena kasus COVID-19 yang sudah mereda di sana.

"Saya rasa ini karena orang tertarik dengan kampanye Biden. Sekarang, setiap orang yang datang ke Beijing, baik itu untuk bekerja atau wisata, mereka tidak hanya ingin pergi ke tempat yang indah atau bersejarah. Mereka juga ingin merasakan kuliner Beijing. Ketika orang mendengar Biden pernah makan di sini, mereka datang dan ingin mencoba apa yang dipesan Biden," ungkap Yao Yan, pemilik restoran Yaoji Chaogan, seperti dikutip dari CNN, Senin (16/11/2020).

Restoran yang pernah dikunjungi Joe Biden kini ramai wisatawanJoe Biden saat berkunjung pada 2011 silam Foto: (Kevin Frayer/Getty Images AsiaPac/Getty Images)

Saat itu, Joe Biden makan di Yaoji Chaogan sebagai Wakil Presiden AS. Biden mengunjungi restoran tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kedatangan Biden pun membuat terkejut seisi restoran, pun demikian dengan pengunjungnya.

"Kedatangannya mengagetkan dan membuat senang. Dia sangat easygoing dan lucu. Dia senang dengan pengunjung. Dia mengenalkan cucunya, lalu berfoto dengan para pengunjung. Dia mencicipi masakan kami dan memberikan komentar yang bagus tentang makanan kami. Dia merasa makanan kami lezat," imbuh Yao.

Restoran yang pernah dikunjungi Joe Biden kini ramai wisatawanBiden Set, makanan yang saat itu dipesan Joe Biden dan rombongan Foto: (Kevin Frayer/Getty Images AsiaPac/Getty Images)

Dalam lawatannya, Joe Biden dan rombongan memesan 5 porsi Zha Jiang Mian (mie dengan pasta kacang merah), 10 bakpao kukus, timun parut, kentang parut, dan salad yam. Set menu yang dipesan Biden saat itulah yang sekarang diberi nama 'Biden Set' dan bisa dipesan wisatawan.

Biden sendiri saat itu tidak memesan makanan khas dari restoran ini, yaitu Chaogan yang jika diterjemahkan menjadi 'Hati Goreng'. Wujud kuliner ini berupa sup berisi rebusan hati dan usus babi.

Hidangan tersebut sangat terkenal di Beijing. Meski tidak memesan Chaogan yang khas itu, Joe Biden tetap dipuji sebagai seseorang yang mengerti kuliner dan kebudayaan China.

"Saya cukup kecewa ketika dia tidak memesan Chaogan. Tapi, Biden tahu tentang budaya makan di China dengan sangat baik, karena dia memesan mie dengan pasta kacang, dimana itu adalah hidangan otentik yang merepresentasikan Beijing," kata Yao.


Selanjutnya: Biden Disambut Kapan Saja

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA