Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Nov 2020 07:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Terpencil Ini Bebas Corona, Jauh Banget!

Bonauli
detikTravel
Lefaga, Matautu, Samoa - August 1, 2018: Fiafia show with fire dancers at Return to Paradise resort on Upolu Island
Samoa, salah satu negara yang bebas dari virus Corona (iStock)
Jakarta -

Pandemi Corona melanda dunia. Di sudut-sudut Pasifik masih ada negara bebas Corona, mana saja?

Dilansir dari The Washington Post, pulau-pulau terpencil di Pasifik Selatan masih bebas Corona. Dulu negara-negara ini mudah dijangkau karena adanya perjalanan udara.

Tapi karena pandemi, negara-negara ini malah makin menderita. Meski bebas Corona, tapi negara-negara ini harus rela menutup pariwisatanya demi keselamatan warga.

1. Samoa

Lefaga, Matautu, Samoa - August 1, 2018: Fiafia show with fire dancers at Return to Paradise resort on Upolu IslandLefaga, Matautu, Samoa (iStock)

Yang dimaksud Samoa adalah Kepulauan Samoa dan American Samoa yang ada dalam wilayah Amerika Serikat. Pemerintah Samoa telah menginstruksikan untuk menutup semua perjalanan tidak penting dari bulan Maret.

Hanya warga Samoa dan wna yang memiliki izin tinggal permanen yang bisa masuk ke Samoa. Itu pun harus meminta izin terlebih dahulu kepada Kementerian Kesehatan Samoa.

Mereka harus mengambil penerbangan komersial melalaui Auckland, Selandia Baru dan dikarantina selama 1 hari. WHO sudah menyatakan bahwa Samoa dan American Samoa sebagai wilayah bebas Corona. Bahkan di American Samoa, masker tidak perlu dipakai di depan umum.

2. Tuvalu

Negara Kepualauan Tuvalu juga dilaporkan tidak memiliki kasus Corona. Tuvalu sendiri tidak mengizinkan pelancong dari negara mana pun masuk setelah ada isu pandemi.

3. Tonga

Tonga adalah negara kecil di Pasifik Selatan. Punya lebih dari 170an pulau-pulau kecil, Tonga sangat indah. Ini mengapa mereka hidup dari pariwisata.

Penduduk di Pulau Tonga dinyatakan bebas dari Corona. Menutup diri sejak ada pandemi, warga Tonga di luar negeri pun tak bisa sembarang pulang rupanya.

Hanya mereka yang punya izin kembali dengan pengaturan khusus yang bisa masuk ke Tonga. Untuk sampai ke Tonga, mereka harus terbang dari Selandia Baru.

Saat ini kapal pesiar dan pelayaran yacht masih dilarang sampai pemberitahuan lebih lanjut.

4. Palau

Destinasi menyelam terbaikPalau Foto: CNN

Kepulauan Palau sudah menutup perjalanan internasional sejak Maret. Negara ini mengkarantina semua pelancong dengan riwayat perjalanan dari atau melalui wilayah yang terkena dampak Corona.

Menurut Kedutaan Besar AS di Palau, negara ini belum melaporkan adanya kasus Corona. Rencananya, Palau dan Taiwan ingin bekerja sama untuk membuat travel bubble. Namun hingga kini belum ada kepastian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA