Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Mar 2021 18:19 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Prefektur Miyagi yang Dihantam Gempa Jepang M 7,2

Putu Intan
detikTravel
hasil laut Kesennuma di prefektur miyagi
Prefektur Miyagi. Foto: Japan Guide
Tokyo -

Gempa bermagnitudo 7,2 melanda Jepang dengan pusat gempa di perairan Pasifik wilayah Miyagi. Miyagi merupakan salah satu prefektur yang dikenal akan pariwisatanya.

Gempa Jepang itu terjadi pada Sabtu (20/3/2021) pukul 18:09 di perairan Pasifik di wilayah Miyagi, dengan kedalaman 60 kilometer (37 mil). Japan's Meteorogical Agency (JMA) memperingatkan terjadinya tsunami setinggi satu meter akibat gempa ini.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan di Miyagi. Namun petugas terus memeriksa kondisi masyarakat termasuk juga pembangkit listrik tenaga nuklir yang ada di prefektur itu.

Jika melihat sejarah, gempa besar di Miyagi bukan kali pertama terjadi. Bulan lalu, wilayah ini juga diguncang gempa yang menewaskan puluhan orang. Sebelumnya pada Maret 2011, wilayah ini juga mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami.

Secara geografis, Miyagi berada di wilayah Tohoku dengan sisi timur menghadap Samudera Pasifik sedangkan bagian baratnya terdapat Pegunungan Zao.

Kendati sering ditimpa bencana alam, Miyagi merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Pusat kotanya yaitu Sendai, menyimpan berbagai situs bersejarah yang berkaitan dengan komandan militer Date Masamune, salah satunya Zuihoden.

Di Sendai juga terdapat festival tahunan yang disebut Tanabata Sendai. Festival ini dilangsungkan setiap bulan Juli untuk menyambut musim panas.

Kota Sendai juga memiliki stadion olahraga yaitu Stadion Sendai. Stadion ini biasanya digunakan untuk melangsungkan pertandingan sepakbola dan rugbi.

Selain itu, Miyagi juga dikenal akan kulinernya yaitu lidah daging sapi, tiram, ramen dan sushi. Kudapan istimewa lainnya adalah zundamochi yaitu ketan yang dilapisi kacang hijau giling.

Jika ingin bersantai menikmati hunian tradisional Jepang, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai ryokan yang memiliki onsen atau pemandian air panas. Tapi jika ingin menikmati hunian moderen, Miyagi juga memiliki berbagai hotel berbintang yang dapat diinapi.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 7,2 di Jepang, Warga Tetap Tenang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA