Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Mar 2021 06:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Negara Ini Rajanya Harus Hobi Ngobrol

Bonauli
detikTravel
(FILES) This file photo taken on August 1, 2008 shows the newly crowned King Siaosi (George) Tupou V of Tonga wears a maroon-coloured cape trimmed with white ermine fur and a three metre-long train carried by child pages as he emerges from his lavish Christian coronation ceremony at the Centenary Free Wesleyan Church in Nukualofa.  The The King of Tonga George Tupou V died on March 18, 2012 in a Hong Kong hospital, the Matangi Tonga Online reported, but there was no immediate confirmation from Tongan authorities.   AFP PHOTO / Peter HALMAGYI / FILES
Raja George Tuppou V (AFP/PETER HALMAGYI)
Nuku'alofa -

Berada jauh di Samudera Pasifik, negara ini salah satu dari beberapa negara yang terkecil di dunia. Yakni, Tonga.

Tongatapu atau Kerajaan Tonga, beginilah negara ini menamai dirinya. Masuk dalam kawasan polinesia, namun Tonga memilih untuk menjadi negara sendiri.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, negara dengan sistem pemerintahan monarki ini memiliki 176 pulau kecil. Tapi, hanya 36 pulau saja yang dihuni. Sementara luasnya 748 km persegi, beda tipis dengan DKI Jakarta.

TongaTonga Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Dengan jumlah populasi 104.494 jiwa, Tonga masuk dalam daftar negara kecil. Keistimewaan lainnya, negara ini cinta damai. Demonstrasi saja tak pernah terjadi di sini.

Yang menarik lainnya dari negara ini ada di masa lalunya yang membuat Tonga bisa menjadi seperti sekarang ini. Menurut catatan sejarah, Tonga merdeka pada 4 Juni 1970.

Tapi ternyata negara ini tidak merdeka karena perjuangan berdarah-darah, melainkan hadiah dari Inggris. Kok, bisa?

Jadi kemerdekaan ini adalah salah satu apresiasi dari kerajaan Inggris (Britania) untuk penduduk setempat. Perjanjian ini diatur dalam Traktat Persahabatan yang ditanda tangani pada tahun 1900.

Kini Tonga dipimpin oleh Raja George Tuppou V. Meskipun kerajaan, namun yang mengatur pemerintahan negara dan luar negeri adalah Perdana Menteri. Sedangkan Raja hanya mengurus bagian sosial dan kemasyarakatan saja. Raja juga sesekali memberikan masukan tentang arah dan visi negara Tonga.

TongaKerajaan Tonga Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Raja akan lebih condong para hukum adat dan sejarah. Yang paling penting suka ngobrol. Karena, ternyata Raja menyediakan waktu untuk bercengkrama dengan rakyat setiap hari.

Rakyat bisa datang kepada raja dan berdialog soal keadaan sosial yang terjadi di sana. Kemudian Raja akan mengajak warganya untuk musyawarah dan mufakat untuk mengambil keputusan.

Karena inilah, Raja dan masyarakat sangat lengket bagai saudara. Setelah kepemimpinan Raja George jugalah pembangunan negara jadi lebih maju.

TongaTonga Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Di kelilingi dengan Samudera Pasifik, Kerajaan Tonga tampil cantik dengan pasir putih dan pantai cantik. Kekayaan surga bawah lautnya menjadikan Tonga sebagai salah satu wisata diving kelas dunia.

Kalau mau liburan ke sini, kamu harus bersikap seperti binatang. Hah, kok binatang? Jadi Tonga sangatlah cantik.

Tapi, kecantikan alam Tonnga sering ternoda dengan sampah yang ditinggalkan manusia. Sementara hewan tidak meninggalkan sampah apa-apa. Jadi wisatawan diminta untuk tidak meninggalkan sampah, seperti binatang.



Simak Video "Wisatawan Pantai Dreamland Bali Ditemukan Tewas Usai Hilang 3 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA