Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Mar 2021 07:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada Pelangi di Matamu, eh Bukan.. Ini Mata Air Pelangi

Bonauli
detikTravel
Grand Prismatic Spring
(Getty Images) Grand Prismatic Spring
Wyoming -

Sebuah mata air di Taman Nasional Yellowstone sangat tidak bisa. Berair panas, mata air ini juga mempunyai rupa yang cantik bagai pelangi.

Namanya adalah Grand Prismatic Spring. Berlokasi di Taman Nasional Yellowstone, Wyoming, Amerika Serikat, mata air ini sungguh unik.

Dirangkum detikTravel, Grand Prismatic Spring adalah sumber mata air panas yang bersumber dari saluran vulkanik Yellowstone. Kalau biasanya mata air menyembur ke atas, tidak dengan yang satu ini.

Grand Prismatic Spring membentuk sebuah kolam besar. Diameternya 112,5 meter, kolam ari panas ini lebih besar dari lapangan bola.

Grand Prismatic SpringGrand Prismatic Spring Foto: (Getty Images)

Ini menjadikan Grand Prismatic Spring sebagai mata air terbesar di Amerika Serikat dan mata air terbesar ketiga di dunia. Tak heran jika mata air ini diberi nama Grand alias istimewa.

Tak hanya luas, kolam air panas ini juga sangat dalam. Mencapai kedalaman 50 meter, Grand Prismatic Spring mampu menelan gedung berlantai 15 ke dalamnya.

Setiap menitnya, Grand Prismatic Spring mengeluarkan 2.100 liter air dengan suhu 70 derajat Celcius.

Hal unik lainnya adalah warna dari mata air. Air panas di kolam ini tak terdiri dari satu warna melainkan membentuk cincin cerah berwarna oranye, kuning dan hijau yang melingkari perairan biru.

Karena keindahannya, kolam ini diberi nama Grand Prismatic Spring. Artinya mata air hebat yang berwarna seperti pelangi.

Grand Prismatic SpringGrand Prismatic Spring Foto: (Getty Images)

Di musim panas, warna air akan didominasi oleh warna oranye dan hijau cerah. Sementara ketika musim dingin tiba, warnanya akan sedikit kusam dengan dominasi warna yang lebih coklat.

Warna-warna ini tak didapat begitu saja. Ada peran dari spesies thermophile bacteria atau bakteri yang tahan hidup di air panas.

Meski ini, namun Grand Prismatic Spring mematikan. Jangan pernah berpikir untuk berendam atau masuk ke kolam air panas ini. Bukan, kamu tidak akan langsung tewas ketika masuk ke dalamnya.

Tapi kamu akan dibuat tersiksa terlebih dahulu. Kamu bisa mati karena dehidrasi selama 2-3 hari. Kemudian kulit akan mengelupas karena tidak lagi mampu mengatur retensi air.

Sampai saat ini, Grand Prismatic Spring menjadi tempat penelitian khususnya bakteri yang tahan hidup di air panas. Bahkan, peneliti di bidang medis pun melakukan penelitian pada bakteri tersebut.



Simak Video "Kasus Covid-19 di AS Bertambah 66 Ribu Dalam 24 Jam Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA