Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 13:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Terindah di Dunia, Traveler Sudah Salat di Mana? (Bagian 3)

Tim detikcom
detikTravel
masjid
Foto: Masjid Niujie, China (Neni Setyowati/d'Traveler)
Jakarta -

Berbagai negara memiliki masjid-masjid terindah dunia yang menjadi pilihan tempat beribadah untuk umat muslim. Traveler sudah pernah mengunjungi masjid di mana saja?

Mulai dari negeri nan jauh di Arab Saudi hingga negara kita Indonesia, umat muslim bisa menemui berbagai masjid berdesain indah.

Berikut 10 masjid terindah dunia yang ada di China, India dan Pakistan:

16. Masjid Id Kah, China

Id Kah adalah nama salah satu masjid yang tertua di China yang terletak di Kashgar, Provinsi Xinjiang. Masjid ini dibangun tahun 1442 oleh seorang Muslim bernama Saqsiz Mirza. Id Kah Mosque adalah salah satu masjid terbesar di China.

Dengan luas sekitar 16.800 meter persegi, masjid ini mampu menampung 20.000 jamaah. Meski sudah cukup tua, arsitekturnya masih terjaga apik sampai sekarang. Warna kuning pastel mendominasi eksterior masjid, membuatnya tampak cantik.

Masjid indah di ChinaMasjid indah di China Foto: (iStock)

17. Masjid Niujie, China


Sebagai masjid tertua di Kota Beijing, China, Masjid Niujie punya arsitektur khas Tiongkok yang terjaga apik sejak abad ke-15. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qing, tepatnya tahun 1661-1722.

Masjid ini berada di Distrik Xicheng, yang merupakan kawasan Muslim di Beijing. Masjid ini memiliki luas 10.000 meter persegi, dengan gaya arsitektur gabungan Islam dengan Tiongkok. Ruangan salat utama bisa memuat 1.000 jamaah. Wisatawan terkagum-kagum dengan arsitekturnya.

Masjid indah di ChinaMasjid indah di China Foto: (iStock)

18. Great Mosque of Xi'an, China

Great Mosque of Xi'an terletak di bekas ibukota China yakni Xi'an. Tak hanya di China, masjid ini merupakan salah satu yang tertua di dunia. Bayangkan saja, masjid ini dibangun pada tahun 742 tepatnya pada masa Dinasti Tang. Masjid ini kemudian ditambah bangunannya pada masa Dinasti Ming, kemudian mengalami perluasan pada masa Dinasti Qing ratusan tahun setelah pertama dibuat.

Dengan luas sekitar 12.000 meter persegi masjid ini dibagi menjadi 4 bagian. Selain ruang salat, ada pula taman dan lorong-lorong berarsitektur China. Kaligrafi Islam terpahat di banyak tempat termasuk gerbang masuk dan ruang salat.

Masjid Agung Xi'an, di Kota Xi'an, ibu kota Provinsi ShaanxiMasjid Agung Xi'an, di Kota Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi Foto: Elvan Dany Sutrisno/detikTravel

Masjid Terindah di Dunia Selanjutnya: Masjid Kobe Jepang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA