Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 15:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Terindah di Dunia, Traveler Sudah ke Mana Saja? (Bagian 4)

Tim detikcom
detikTravel
Masjid Indah di Dunia
Masjid Saint Petersburg (iStock)

31. London Central Mosque, Inggris

London Central Mosque yang terletak di Ibukota Inggris ini layak untuk dikunjungi saat traveling ke negeri Ratu Elizabeth itu. Indahnya masjid ini akan mempesona wisatawan. Arsitekturnya yang menawan bisa membuat para traveler terpukau.

Didirikan tahun 1977, masjid cantik yang merupakan pusat kajian Islam di Inggris ini bisa traveler kunjungi setiap saat. Wisatawan muslim bisa beribadah salat dan berfoto mengabadikan kecantikan masjid di pusat Kota London ini.

32. Masjid Muhammad Ali, Mesir

Sebagai masjid yang terkenal megah, Masjid Muhammad Ali di Kairo, Mesir dibangun pada abad ke-19. Dari jauh, masjid yang populer di kalangan wisatawan ini tampak lebih megah. Bahkan karena bentuknya yang megah dengan tembok tinggi, tidak sedikit juga yang menyebutnya mirip seperti benteng.

Secara keseluruhan, Masjid Muhammad Ali dibuat dari batu pada bagian eksterior dan temboknya. Masjid tersebut dibangun untuk mengenang Tusun Pasha, anak tertua Muhammad Ali yang meninggal tahun 1816.

In this March 18, 2020 photo, an American tourist looks at the great Mosque of Muhammad Ali Pasha at the Citadel complex, in Cairo, Egypt. Like many other places in the world, the ripples of the worldwide coronavirus pandemic could end up drowning the vulnerable in Egypt. The partial lockdown threatens the livelihoods for many of Egypt's 100 million population, one of three of whom were already living in poverty, according to government figures. (AP Photo/Nariman El-Mofty)The great Mosque of Muhammad Ali Pasha at the Citadel complex, in Cairo, Egypt. (AP Photo/Nariman El-Mofty) Foto: AP/Nariman El-Mofty

33. Masjid Al Hakim, Mesir

Masjid Al Hakim didirikan di Kairo, Mesir pada masa Kekhalifahan Fatimiyah. Masjid ini dibangun sekitar tahun 990 atas perintah Al Hakim Bi Amr Allah. Sebelum sepenuhnya difungsikan sebagai masjid pada tahun 1980, Masjid Al Hakim sempat dijadikan sebagai sekolah.

Yang menjadi daya tarik utama Masjid Al Hakim adalah menaranya. Menara ini diyakini menjadi yang paling tua di seluruh Kairo. Bagian pintu masuknya juga begitu spesial dengan desain arsitektur Mesir kuno.

34. Masjid Al Saleh, Yaman


Masjid Al Saleh di Sana'a, Yaman merupakan masjid terbesar dan paling modern di sana. Masjid yang megah tersebut memang tergolong baru, dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden Ali Abdullah Saleh.

Dengan total luas 27.300 meter persegi dan aula seluas 13.596 meter persegi, Masjid Al Saleh dapat menampung hingga 44.000 ribu jamaah. Masjid Al Saleh terbuka untuk wisatawan non muslim yang mau berkunjung. Sayang, konflik politik di Yaman agak mengganggu kunjungan wisatawan ke masjid cantik ini.

35. Great Mosque of Kairouan, Tunisia

Great Mosque of Kairouan di Kairouan, Tunisia dibangun pada tahun 670 Masehi oleh panglima Arab bernama Uqba bin Nafi. Pembangunan dilakukan tak lama setelah kedatangannya dan rombongan muslim dari Arab Saudi ke Afrika bagian utara.

Masjid tersebut diyakini sebagai yang terbesar di utara Afrika. Luasnya mencapai 9.000 m2, dengan 400 pilar kuno dan menara masjid setinggi 35 meter. Untuk memasuki masjid, ada 10 gerbang yang dibuat dengan megahnya.

Bagi umat Muslim bisa masuk masjid lewat 9 gerbang berbeda. Sedangkan untuk non Muslim, telah disediakan satu gerbang khusus yang bisa dimasuki.

Masjid Agung Kairouan di Tunisia tak hanya memesona dengan arsitektur bangunannya. Masjid ini diketahui jadi masjid pertama yang didirikan di benua Afrika.Masjid Agung Kairouan di Tunisia tak hanya memesona dengan arsitektur bangunannya. Masjid ini diketahui jadi masjid pertama yang didirikan di benua Afrika. Foto: Istimewa/Dok. Philoursmars via Atlas Obscura.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA