Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Cantik di Dunia, Traveler Sudah ke Mana Saja? (Bagian 5)

Tim detikcom
detikTravel
Masjid indah di dunia
Masjed-e Jameh (Guenterguni/Getty Images/iStock)
Jakarta -

Umat muslim bisa mengunjungi berbagai masjid terindah di dunia. Tak jarang wisata religi menjadi tujuan yang tak terlewatkan saat mengunjungi suatu negara.

Mulai dari negeri nan jauh di Arab Saudi hingga negara kita Indonesia, umat muslim bisa menemui berbagai masjid berdesain indah. Berikut 15 masjid cantik di Turki, Irak Iran, Suriah, Yordania, Oman hingga Uzbekistan.


36. Blue Mosque, Turki

Blue Mosque di Istanbul merupakan masjid paling bersejarah di Turki. Mengapa namanya masjid biru? Sebab, pendirinya yakni Sultan Ahmed sengaja memberikan warna biru pada kubahnya. Yang bertujuan, untuk menandingi Hagia Sofia ini berwarna biru.

Blue Mosque sudah berdiri sejak tahun 1609, yang mana makam Sultan Ahmed berada di bagian halamannya. Arsitekturnya pun indah, memiliki 6 menara, kaligrafi, corak bunga-bunga, tanaman dan mozaik pada dinding. Langit-langitnya penuh dengan perpaduan warna biru, ungu dan coklat yang sangat artistik. Wajar, jika Blue Mosque disebut salah satu masjid terindah di dunia.

Blue Mosque di IstanbulBlue Mosque di Istanbul Foto: Rois Jajeli

37. Selimiye Mosque, Turki

Selimiye Mosque berlokasi di Kota Edirne, sebelah barat Turki. Didirikan pada tahun 1568, saat pemerintahan Kesultanan Utsmaniyah di bawah pimpinan Sultan Selim II. Sedangkan sang arsitek masjid, adalah Mimar Sinan yang merupakan seorang cendekiawan Muslim di bidang arsitek saat itu.

Selimiye Mosque memiliki dua lantai, empat menara setinggi 84 meter, 384 jendela dan kubah raksasa berdiameter 31 meter. Interior di dalamnya cenderung terlihat polos, karena punya arti sebagai penanda kerendahan hati terhadap Sang Pencipta.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)


38. Great Mosque of Samarra, Irak

Great Mosque of Samarra di Irak bentuknya sangat unik. Selain karena bangunannya seperti benteng dan terbuat dari batu bata yang telah melalui proses pembakaran terlebih dulu, masjid ini memiliki Menara Malwiya yang berbentuk spiral setinggi 52 meter. Wow!

Great Mosque of Samarra dibangun pada abad ke-9 oleh Khalifah Al Mutawakkil, yakni khalifah ke-10 dari Dinasti Abbasiyah. Sayang, masjid yang sudah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini kondisinya sedang kritis. Peperangan yang terjadi di Irak, telah merusak Great Mosque of Samarra.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)

39. Great Mosque of Kufa, Irak


Satu lagi masjid bersejarah di Irak adalah Great Mosque of Kufa yang berlokasi di Kota Kufa. Masjidnya dibangun pada abad ke-7 oleh Muslim Ibn Aqil, sepupu dari Husein Bin Ali yang merupakan cucu dari Nabi Muhammad SAW.

Interior di dalam masjidnya indah bukan main. Kaligrafi dari ayat-ayat Al Quran di dalam masjidnya, dihiasi dengan emas, perak dan berlian. Pada bagian tengahnya, terdapat halaman yang luas yang kalau dilihat sekilas, mirip dengan Masjidil Haram di Makkah. Namun sayang, kondisi peperangan di Irak mengancam kelestarian masjid cantik ini.

Selanjutnya, masjid cantik di Iran, Irak dan Suriah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT