Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 03:51 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Berkunjung ke Masjid Chengdu, Satu-satunya di Pusat Kota China

Masjid Chengdu
Masjid Chengdu, China (Foto: Ahmad Syaifuddin Zuhri)

Masjid Chengdu ada di jantung kota

Masjid Chengdu beralamat di Jalan Xiao He ini cukup mudah dijangkau. Letaknya ada di komplek Tianfu Square, pusat Kota Chengdu, atau semacam alun-alun kalau di Indonesia.

Di Tianfu Square juga berdiri dengan megah tiga gedung museum besar: Museum Science Technology Sichuan dan Chengdu Museum. Konon, masjid ini adalah satu-satunya masjid yang terletak di jantung kota metropolitan di daratan China.

Bagi kota-kota metropolitan di China, jantung kota identik dengan tempat sakral. Di sanalah pusat aktivitas bisnis, pemerintahan dan leisure place.

Pusat kota di China biasanya disimbolkan dengan lapangan luas yang dikelilingi bangunan pencakar langit di sekitarnya. Tianfu Square adalah destinasi utama bagi wisatawan lokal maupun luar negeri yang datang ke Chengdu selain Panda Breeding and Research Base.

Dan popularitas masjid ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan muslim, terbukti dengan banyaknya paket wisata yang memasukkan masjid ini sebagai destinasi ke Chengdu.

Terutama di situs-situs wisata lokal maupun internasional dan saya pun juga sempat membuktikan dengan menanyakan ke warga lokal di sekitar Tianfu Square perihal Masjid Chengdu. Banyak yang kenal dan paham akan keberadaan masjid tersebut.

Masjid ChengduMasjid Chengdu (Foto: Ahmad Syaifuddin Zuhri)

Di depan Masjid Chengdu terdapat gedung Chengdu Museum. Museum dengan arsitektur modern itu dibuka pada akhir 2015 lalu.

Jadi kalau ke Masjid Chengdu dari Tianfu Square jika tidak melewati jalan raya bisa melewati museum ini terlebih dahulu. Uniknya, arsitektur bangunan museum ini, di depan pintu masuknya dibikin semacam lorong besar dan tinggi seolah menunjukkan kalau di ujung lorong tersebut ada sebuah masjid.

Masjid Chengdu hanya bangunan tiga lantai sementara museum ini bangunannya super besar. Jadi kalau kita melihat dari lapangan Tianfu Square, masjid ini tidak kelihatan karena tertutup museum tersebut.

Agaknya sang arsitek sengaja mengakomodasi bangunan masjid bersejarah ini agar bisa kelihatan dan mudah diakses. Dengan membangun gedung museum berarsitektur unik tersebut.

Jadi kalau kita kalau dari lapangan Tianfu Square jalan kaki menuju Masjid Chengdu, maka bisa naik tangga melewati lorong besar depan pintu museum tersebut dan turun persis depan gerbang masjid.

***

Artikel ini dibuat oleh Ahmad Syaifuddin Zuhri, Wakil Rois Syuriyah PCINU China dan diubah seperlunya oleh redaksi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "China Kini Izinkan Warganya Punya 3 Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA