Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Apr 2021 03:23 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Menara Indah di Jantung Kota Mekah, Royal Clock Tower

CNN Indonesia
detikTravel
Royal Clock Tower
Foto: (Haidan Abdan Syakuro/iStock)
Makkah -

Tak jauh dari Ka'bah, terlihat bangunan yang menjulang indah setinggi 607 meter. Itulah Royal Clock Tower, 'Big Ben' di Jantung Kota Mekah.

Royal Clock Tower menjadi bangunan dengan arsitektur yang menawan setelah Kakbah dan Masjidil Haram di Makkah. Keduanya hanya terpisah sekitar 200 meter.

Menara jam Makkah ini memiliki fitur yang sama dengan Big Ben di London, Inggris. Diresmikan pada Agustus 2012, ukuran jam di Royal Clock 35 kali lebih besar dari Big Ben.

Ketinggiannya pun hampir dua kali lipat dari Menara Eiffel di Paris. Sehingga Royal Clock Tower pun menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia.

Sebuah mahakarya dalam desain arsitektur dan teknik, Royal Clock Tower dibangun hampir 150 tahun setelah Big Ben. Menara ini memiliki empat bagian muka jam, 83x 67 meter depan belakang dan 77x 47 meter di samping.

Panjang jarum menitnya 23 meter dan panjang jarum jamnya 17 meter. Berat setiap jarum jam mencapai 6 ton! Menara juga dihiasi dengan mosaik emas, sebuah bulan sabit besar dengan berat 107 ton di puncak menara.

Wisatawan bisa mengunjungi area bulan sabit yang memiliki musala besar di samping fasilitas lainnya seperti museum. Wisatawan yang mau masuk ke museum dikenakan 150 Riyal Saudi atau sekitar Rp 586 ribu per orang.

Fungsi utama Royal Clock Tower ialah memberi informasi waktu sebaik-baiknya kepada seluruh penghuni kota Makkah.Oleh karena itu desain jam di Menara Jam Makkah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa ditatap sampai sekitar 12 km pada siang hari.

Warna putih (angka dan jarum jam) dengan latar belakang hijau, diterangi oleh lampu LED spektakuler menawarkan gambar jernih yang nyaris sempurna di malam hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA