Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 14:57 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Fakta Stadion Wembley, Venue Italia Vs Inggris di Final Euro 2020

Putu Intan
detikTravel
FILE - In this Wednesday, June 9, 2021 file photo, a view of the entrance to Wembley stadium, ahead of the  Euro 2020 soccer championship in London. The British government says more than 60,000 fans will be allowed into the semifinals and final of the European Championship at Wembley Stadium. No details have been provided yet on how fans from overseas can attend without having to quarantine after flying into London. (AP Photo/Frank Augstein, File)
Stadion Wembley di London. Foto: AP/Frank Augstein
Jakarta -

Akhirnya gelaran Euro 2020 telah memasuki babak final. Dini hari nanti, timnas Italia akan melawan timnas Inggris di Stadion Wembley, London.

Stadion Wembley merupakan stadion legendaris yang menjadi tempat berbagai pertandingan sepakbola. Misalnya saja final Piala FA mulai 2008-sekarang. Stadion ini juga pernah menjadi lokasi final Piala Liga Inggris, Liga Champions 2011, dan final Olimpiade London 2012.

Selain itu, Stadion Wembley juga punya sejumlah fakta unik. Ini daftarnya.

1. Pertama kali dibangun pada 1923

Stadion Wembley tergolong stadion tua tapi telah direnovasi menjadi modern seperti sekarang. Stadion Wembley mulai dibangun pada tahun 1923 dengan tujuan menjadi stadion kekaisaran.

Arsitek dari Stadion Wembley adalah Sir John Simpson, Maxwell Ayerton, dan Sir Owen Williams. Proses pembangunan sendiri memakan waktu 10 bulan hingga diresmikan pada 23 April 1924 oleh Raja George V.

2. Sempat dirobohkan

Pada tahun 2000, Stadion Wembley sempat ditutup lalu dirobohkan 2 tahun kemudian. Setelah 5 tahun mengalami proses renovasi, pada 9 Maret 2007 stadion kembali dibuka dengan julukan The New Wembley.

3. Pembangunan menelan biaya besar

Pembangunan Stadion Wembley yang kedua kalinya, sempat menimbulkan kontroversi lantaran biaya yang dikeluarkan begitu besar. Total biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan ini mencapai Rp 18 triliun, padahal rencana awalnya hanya Rp 6,5 triliun.

4. Daya tampung besar

Stadion kebanggaan Inggris ini memiliki daya tampung penonton yang besar. Setidaknya di sana ada 90.000 kursi penonton. Dengan fakta ini, Stadion Wembley menjadi stadion nasional Inggris dan stadion terbesar kedua di Eropa setelah Stadion Camp Nou di Barcelona.

5. Dilengkapi fasilitas mewah

Stadion Wembley yang baru ini dirancang oleh arsitek Foster and Partners. Mereka mendesain Stadion Wembley dengan sejumlah fasilitas, mulai dari restoran, toko suvenir, ruang konferensi pers, hingga ruang khusus untuk VVIP dan tamu kehormatan Inggris.

6. Digunakan untuk konser musik

Nah, selain digunakan untuk tempat pertandingan sepakbola, Stadion Wembley juga difungsikan sebagai lokasi konser. Beberapa musisi kenamaan pernah manggung di sana, mulai dari Queen, Michael Jackson, Taylor Swift, hingga grup Kpop BTS.

7. Timnas Inggris pernah menang di Stadion Wembley

Timnas Inggris pernah mendulang kemenangan dalam ajang World Cup atau Piala Dunia di Stadion Wembley. Tepatnya pada saat Piala Dunia 1966, ketika Inggris menjadi tuan rumah, mereka berhasil menaklukkan timnas Jerman di babak final.

Dengan kembalinya timnas Inggris ke Stadion Wembley, akankah mereka berhasil menyabet gelar juara Euro 2020? Kita lihat saja pertandingannya melawan Italia yang akan digelar Senin (12/7/2021) pukul 02.00 WIB.



Simak Video "Adu Gaya Fashion Timnas Inggris Vs Italia Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA