Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Agu 2021 08:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Bandara Komersial dengan Landasan Terpendek di Dunia

Femi Diah
detikTravel
Bandara Barra di Skotlandia
Bandara Barra di Skotlandia (Getty Images/georgeclerk)
Jakarta -

Hampir seluruh negara memiliki bandara komersial. Ukurannya luar biasa luas. Tapi, ternyata ada bandara dengan ukuran mini. Ini dia lima bandara terkecil di dunia.

Ukuran bandara yang luas itu memang diperlukan. Pertama, diperlukan lintasan yang cukup agar pesawat bisa landing dan take off dengan leluasa. Kemudian, untuk menampung penumpang yang akan terbang dan baru tiba.

Merujuk Time of India, di antara bandara-bandara yang tersebar di muka bumi ada lima bandara terkecil di dunia.

Berikut daftar lima bandara komersial terkecil di dunia:

1. Bandara Juancho Yrausquin

Bandara Juancho Yrasquin merupakan bandara komersial yang ada di Pulau Saba, Karibia. Bandara ini dinobatkan sebagai bandara dengan landasan komersial terpendek di dunia.

Bandara Juancho E. Yrausquin di Saba, KaribiaBandara Juancho E. Yrausquin di Saba, Karibia (Getty Images/iStockphoto/rjlerich)

Panjang landasan hanya 400 meter, landasan pacu hanya sedikit lebih panjang dari rata-rata kapal induk. Makanya, pesawat jet dilarang menggunakan landasan pacu bandara ini.

Windair adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang melayani bandara. Maskapai penerbangan itu melayani dua penerbangan harian ke Saint Martin dan Saint Eustatius di dekatnya, yang dapat dicapai melalui pesawat dalam waktu kurang dari 15 menit.

2. Bandara Internasional Moschoeshoe I

Bandara Moschoeshoe I merupakan bandara di Mazenod, sekitar 18 km dari jantung kota Maseru, ibu kota Leshoto. Negara ini merupakan kerajaan yang tertutup di Afrika Selatan.

Bandara ini ada di dataran tinggi, tepatnya di 1.630 mdpl. Bandara Moschoeshoe I hanya memiliki dua landasan pacu beraspal dengan panjang 3.200x45 meter dan 1010x23 m.

Kendati dinamai bandara internasional, Bandara Moschoeshoe I hanya melayani penerbangan ke Johannesburg dengan maskapai South African Airways.

3. Bandara Barra

PantaiTraighMhor diBarra, Skotlandia adalah satu-satunya landasan pacu pantai di dunia yang menangani layanan penerbangan terjadwal.

Bandar udara ini dioperasikan oleh Highlands and Islands Airports Limited yang mengelola beberapa bandar udara regional di Skotlandia dan pulau lainnya.

Bandara itu cuma dibuka selama beberapa jam sehari, dari Senin hingga Jumat. Karena daerah tersebut memiliki cuaca yang tidak stabil dan amat tergantung gelombang pasang, waktu kedatangan dan keberangkatan penerbangan juga bervariasi.

Kendati berada di lokasi yang terpencil, Bandara Barra menyediakan semua fasilitas dasar, seperti layanan sewa mobil, parkir mobil, dan layanan lainnya.

4. Bandara Kota Morgantown

Bandara ini berada di timur Morgantown, di Monongalia County, Virginia Barat. Bandara ini juga dikenal sebagai Walter L. Bill Hart Field.

Bandara Morgantown digunakan untuk tujuan penerbangan umum dan dilayani oleh satu maskapai komersial, yaitu United Airlines yang menghubungkan kota dengan Clarksburg, dan Bandara Internasional Washington Dulles di Washington DC.

Bandara ini cuma memiliki panjang landasan pacu 800 meter, dan orang dapat dengan mudah melihat pesawat lepas landas dan mendarat dari restoran. Selain dilengkapi kafe, dan tempat parkir mobil, bandara ini juga dilengkapi Wifi gratis.

5. Bandara Tenzing-Hillary, Nepal

Lukla, adalah desa kuno di Nepal, yang lebih sering dipilih oleh pengunjung sebagai titik awal petualangan trekking mereka ke Mt. Everest.

Small plane landing at the Bandara Tenzing-Hillary di Lukla. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doctor_J

Bandara itu dinamai dari dua sosok bersejarah, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Mereka adalah orang yang berhasil mendaki Gunung Everest untuk pertama kalinya.

Bandara ini masuk dalam daftar ini karena lokasinya dan landasan pacu yang pendek, yang membuat lepas landas dan mendarat di bandara ini menjadi tantangan nyata bagi pilot.



Simak Video "Rencana Besar Bandara Kertajati: Punya Bengkel Pesawat-Cargo Village"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA