Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Top! Bandara Soekarno-Hatta Masuk 'World's Best Staff Airport 2021'

ANTARA
detikTravel
Jakarta, Indonesia: November 2017 : Jakarta (Soekarno-Hatta) International Airport Terminal 3. Jakarta Aiport is the largest airport in Java and the Terminal 3 is a new terminal opened in 2016.
Foto: Getty Images/uskarp
Jakarta -

Bandara Soekarno-Hatta meraih penghargaan dari dunia internasional Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World's Best Staff Airport 2021.

"Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lainnya, atas dedikasi menjalankan tugas," kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis.

Dilansir dari Antara, penghargaan itu diberikan merujuk pada kualitas staf frontliner di bandara mencakup perilaku, keramahan, dan efisiensi, dalam melayani pelanggan.

"Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa bahwa Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang airport hospitality experience," katanya.

Ia mengatakan inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), dan concierge express.

Muhammad Awaluddin mengatakan layanan customer service di Bandara Soekarno-Hatta juga didukung dengan aplikasi iPerform yang digunakan oleh internal AP II.

Melalui iPerform berbagai layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan dapat dipantau seperti misalnya layanan bagasi, utilisasi konter check-in, hingga penggunaan parking stand untuk memperlancar kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat.

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.

Deretan penghargaan terbaru

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan empat pencapaian pada ajang tahunan ini.

"Pencapaian pertama adalah peringkat Bandara Soekarno-Hatta membaik dalam daftar bandara terbaik dunia atau Top 100 World's Best Airport. Pada 2021 Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 34 dunia, atau naik dari posisi 35 pada 2020," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Jumat.

Kemudian, pencapaian kedua Bandara Soekarno-Hatta pada Skytrax World Airport Awards 2021 adalah meraih penghargaan The 2021 COVID-19 Airport Excellence Awards sebagai bandara yang mampu menerapkan protokol kesehatan terbaik, protokol higienis terbaik, dan protokol keamanan terbaik di tengah pandemi COVID-19.

Selanjutnya, pencapaian ketiga bagi Bandara Soekarno-Hatta adalah meraih penghargaan Top 10 Best Airport Staff in Asia 2021. Penghargaan ini diberikan atas penilaian pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan staf front-line di bandara, mengukur sikap, keramahan, dan efisiensi.

Staf front-line termasuk di antaranya adalah petugas layanan customer service atau konter informasi, staf imigrasi, staf keamanan, retail, food & beverages, dan staf lainnya yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

"Pada 2021, Bandara Soekarno-Hatta kembali meraih penghargaan Best Airport Staff in Asia setelah sebelumnya penghargaan ini diraih pada 2019. Kami sangat bersyukur memiliki staf terbaik di sektor kebandarudaraan nasional, yang meski berada di tengah pandemi ini tetap dapat memberikan upaya terbaik bagi pelanggan," katanya.

Kemudian, pencapaian keempat bagi Bandara Soekarno-Hatta pada Skytrax World Airport Awards 2021 adalah berhasil berada di peringkat 6 terbaik dunia pada World's Best Airport by Passenger Number 2021 kategori 20 - 25 juta penumpang per tahun.

Muhammad Awaluddin menuturkan penghargaan dari Skytrax ini menunjukkan bahwa Bandara Soekarno-Hatta masuk 10 besar sebagai bandara terbaik di dunia untuk kategori pergerakan penumpang 20 - 25 juta penumpang per tahunnya.

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.



Simak Video "Polda Metro Tetapkan 4 Tersangka Kasus Mafia Karantina di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA