Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Agu 2021 12:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tanpa Jendela, Ini Hotel Bawah Tanah Bekas Bunker Perang Dunia II

bonauli
detikTravel
Hotel Bunker L479 di Prancis
Hotel Bunker L479 (CNN)
Saint-Pabu -

Perang Dunia II meninggalkan banyak jejak di dunia. Salah satunya adalah bunker di Prancis Utara.

Bunker ini berada di Pantai Breton di Saint-Pabu. Dilansir dari Reuters, Selasa (24/8) bunker ini setengah terkubur di sepanjang pasir pantau.

Dulunya bunker ini dibangun oleh pasukan Jerman selama Perang Dunia II. Disebut sebagai Tembok Atlantik, bunker ini menjadi penangkis pasukan sekutu.

Diberi nama Bunker L479, tempat ini dioperasikan sebagai stasiun radar. Begitu perang berakhir, Bunker L479 pun ditinggalkan.

Serge Colliou, seorang penggemar bunker membeli sebidang tanah, bunker ini masuk ke dalamnya. Setelah 18 bulan untuk penggalian dan renovasi, bunker ini 'dihidupkan' kembali.

Memiliki luas 400 meter, Bunker L479 diubah menjadi hotel bawah tanah. Hotel bunker ini berkapasitas delapan orang dan memiliki sejumlah fasilitas seperti bar dan ruang tamu.

Hotel Bunker L479 di PrancisHotel Bunker L479 di Prancis Foto: (CNN)

"Kami mengadaptasi bunker sambil mempertahankan nuansa tertentu," ucap Colliou.

Seperti bunker lainnya, hotel ini tak memiliki jendela. Peninggalan seperti helm, produksi senjata dan tanda-tanda di dinding dibiarkan untuk tetap mempertahankan suasana bunker.

"Kami ingin memberi bangunan itu kehidupan kedua, jadi kami tidak akan hidup di masa lalu selamanya. Kami menyelamatkan beberapa aspek, ada petunjuk sejarah di sini namun tempat ini bukan museum," jelasnya.

Bunker ini sudah dibuka sejak tahun lalu. Yang datang adalah turis dari Jerman dan Prancis sendiri. Nuansanya benar-benar serasa perang, namun sudah dikemas untuk tempat tinggal yang nyaman.

Hotel Bunker L479 di PrancisHotel Bunker L479 di Prancis Foto: (CNN)

Beberapa walikota telah mencoba untuk memindahkan bunker dan sisa-sisa perang lainnya dari garis pantai. Sehingga bisa aman untuk wisatawan yang ingin berenang.

Untuk menikmati hotel bunker ini, traveler harus menyiapkan kocek sebanyak Rp 5,4 juta per malam. Sedangkan itu untuk penyewaan lantai atas akan dikenakan biaya sampai Rp 18 juta.

Sementara itu di Saint-Nazaire, La Rochelle, Brest dan launnya juga telah mengambil langkah untuk memulihkan situs bersejarah seperti Bunker L479.

"Kami mulai melestarikan bunker-bunker terkenal dan itu adalah hal baik. Tetapi kami tidak dapat menyelamatkan semuanya," ujar Herve Farrant, seorang spesialis bunker dan penulis.



Simak Video "Penampakan 'Bunker' Miras di Warung Pinggir Jalan Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA