Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Sep 2021 09:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Danau Terbesar di Benua Amerika, Lebih Luas dari Satu Negara

Danau air tawar tebesar di Amerika.
Foto: (dok National Park Service)
Boston -

Selain di Indonesia, Amerika juga punya danau yang berukuran besar. Inilah danau terbesar di Benua Amerika.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (8/9/2021), urutan pertama dari daftar danau terluas di benua Amerika adalah Danau Superior atau Superior Lake.

Sesuai dengan namanya, Danau Superior memang super luas dengan permukaan seluas 82.000 kilometer persegi. Luasnya bahkan lebih besar dari luas negara Republik Ceko dan merupakan danau air tawar terluas di dunia.

Danau Superior memiliki panjang maksimal mencapai 563 kilometer dan lebar maksimalnya 257 kilometer. Kedalaman rata- rata dari danau ini adalah 149 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 406 meter.

Danau air tawar tebesar di Amerika.Danau air tawar terbesar di Amerika (dok National Park Service)

Volume air di Danau Superior diperkirakan sebanyak 12.232 kilometer kubik. Beberapa kota yang berada di tepi danau Superior adalah Ontario, Minnesota, Wiscosin, dan Michigan.

Fakta menarik lainnya, Danau Superior memiliki beberapa pulau di tengahnya. Pulau yang paling besar adalah Pulau Royale dengan suku asli Anishinaabe yang tinggal di sekitar Danau Superior.

Selain itu, Danau Superior juga menjadi rute pelayaran penting bagi pengiriman bijih besi. Bahkan terdapat kasus tenggelamnya kapal SS Edmund Fitzgerald di danau ini.

Legenda danau ini menyebutkan, bahwa orang yang tenggelam di danau ini tidak akan bisa ditemukan. Tubuh orang yang tenggelam di danau ini tidak bisa mengambang karena danau ini memiliki air tawar, tidak seperti air laut yang bisa membuat tubuh mengambang.

Secara penyebutan, Danau Superior masuk jajaran teratas dalam peringkat 5 danau besar atau five great lakes. Bersama dengan Danau Michigan, Danau Huron, Danau Erie dan Danau Ontario.



Simak Video "AS Bersiap Sambut Turis Asing Mulai November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA