Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Sep 2021 13:17 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nyawa Bisa Melayang, Ini Pulau yang Berisi Antraks

bonauli
detikTravel
Pulau Gruinard di Skotlandia
Pulau Gruinard di Skotlandia (Getty Images/iStockphoto/Colin_Hunter)

Namun ternyata, operasi ini tidak jadi dilakukan. Sehingga kue biji rami yang sudah disiapkan sebanyak lima juta buah harus dimusnahkan dalam insinerator.

Meski kuenya sudah hilang, namun penyakit antraks di Gruinard menolak untuk mati. Pulau Gruinard bahkan tak bisa dihuni selama hampir lima puluh tahun.

Sampai akhirnya sebuah perusahaan Inggris sepakat untuk mendekontaminasi pulau tersebut. Ada sekitar 280 ton formaldehida yang disemprotkan sampai ke lapisan tanahnya.

Uji coba kembali dilakukan. Segerombolan domba dilepaskan di sana untuk melihat efek dari obat tersebut. Ternyata, dekontaminasi berhasil.

Gruinard masih tak bisa menghilangkan nama buruknya sebagai Pulau Antraks. Selama empat tahun setelah dibersihkan pulau ini pun sepi dan tak berpenghuni.

Menteri Pertahanan junior Inggris pun turun tangan. Dirinya datang langsung ke Gruinard dan memindahkan tanda peringatan bahaya yang dulu digunakan.

Pada tahun 1990, Gruinard dijual ke pada ahli waris pemilik aslinya dengan harga jual sebesar 500 pound sterling saat itu atau sekitar Rp 5 jutaan. Sampai saat ini pun pulau ini tetap kosong dan tak berpenghuni walau dipastikan aman.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA