Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Sep 2021 16:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat Pembuangan Dukun, Ini Pulau Bunuh Diri Jepang

bonauli
detikTravel
Pulau Izo Oshima
Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Tokyo -

Hutan Aokigahara terkenal seram dan mistis. Ternyata itu belum seberapa dibandingkan dengan tempat ini, Pulau Izo Oshima.

Jika dilihat sekilas, Pulau Izo Oshima sangatlah cantik dan indah. Diberkahi dengan gunung vulkanik Mihara, lanskap pulau ini sangatlah memukau.

Terletak di sebelah selatan Tokyo, predikat Izo Oshima tak secantik wajahnya. Masa lalunya yang kelam membuat pulau ini dikenal angker dan dijamin bikin bergidik.

Dirangkum dari berbagai sumber, Izo Oshima menjadi tempat pembuangan atau pengasingan tahanan politik dan dukun. Mereka yang berstatus demikian dianggap membahayakan masyarakat Jepang dan kedaulatan kaisar.

Tak cukup menderita sebagai pulau buangan, status Izo Oshima juga buruk karena kerap jadi lokasi bunuh diri warga Jepang. Tepatnya adalah Gunung Mihara yang merupakan gunung berapi paling aktif di Jepang dan tingginya hanya 764 mdpl.

Pulau Izo OshimaPulau Izo Oshima Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Di bagian puncak gunungnya berbentuk kerucut atau kawah. Asap belerang masih mengudara hingga sekarang. Di sanalah paling sering jadi lokasi bunuh diri!

Dimulai tahun 1933, seorang gadis muda bunuh diri di puncak gunung berapi tersebut dan jadi headline news di koran-koran di Jepang. Setelah itu, ada lagi sepasang muda-mudi mengakhiri hidup mereka dengan loncat ke kawah gunungnya.

Puncaknya di tahun 1936, kala itu ada 600 orang yang tercatat bunuh diri di sana dengan cara loncat dari atas tebing. Duh!

Total, satu dekade menjelang berakhirnya Perang Dunia II tercatat 3.000 anak muda Jepang mengakhiri hidupnya di sana. Pemerintah Jepang tidak tinggal diam, mereka membuat pagar di sekitar kawah dan mendirikan kuil. Tapi hal itu tampaknya tidak berpengaruh.

Meski begitu, Pulau Izu Oshima masuk dalam destinasi cantik di Jepang. Pantai dan lanskap dataran tingginya menjadi surga fotografer. Hotel-hotel dan fasilitas penunjang wisata pun lengkap di sana.

Dari Takeshiba Ferry Terminal di Tokyo, traveler bisa naik speedboat selama dua jam untuk tiba di Pulau Izu Oshima. Mungkin, Anda harus punya nyali saat datang ke pulau tersebut.



Simak Video "Semangat Kapten Tsubasa dan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA