Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Okt 2021 20:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Danau Tujuh Warna, Bukti Tertua Kehidupan Bumi yang Terancam

bonauli
detikTravel
Danau Bacalar
Danau Bacaral (Getty Images)

Stromatolit menyerupai kembang kol, bentuk struktur besar berwarna krem yang tumbuh ke atas dari dasar batu kapur laguna di danau tersebut. Mereka terlihat seperti batu, tetapi sebenarnya mereka adalah makhluk hidup.

Sedimen itu melapisi dirinya sendiri milimeter demi milimeter, dengan bantuan organisme fotosintesis yang disebut sianobakteri, hingga strukturnya berubah menjadi tumbuhan berbatu bawah air yang dapat dilihat di permukaan air dangkal. Stromatolit sendiri hanya ada di beberapa lokasi di dunia.

Yang hidup di Bacalar mengungkapkan perjalanan waktu di bumi. Mulai dari sejarah suhu maupun komposisi geokimia air di sana dari jutaan tahun yang lalu. Hal ini karena mereka benar-benar menjaga kondisi fisikokimia air dalam proses sedimentasi yang sangat lambat.

Adanya pandemi membuat Danau Bacalar sedikit membaik. Danau seluas 42 km ini mulai pulih karena tak ada wisatawan.

"Masalah ini dimulai satu dekade lalu dan memburuk dua tahun lalu, tetapi peningkatan selama pandemi tercermin dengan terlihatnya kembali hewan seperti berang-berang sungai," kata Ibarra.

Aktivitas pariwisata yang melambat ini juga membuat warna-warna cerah laguna itu kembali hidup. Harapannya, danau ini sehat kembali.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!"
[Gambas:Video 20detik]

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA