Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Okt 2021 14:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Festival Penis di Jepang, Jangan Ngelamun Jorok Dulu, Ini Festival Sakral

Syanti Mustika
detikTravel
Festival penis di Jepang
Foto: (dok Kanayama Shrine)
Kyoto -

Ada festival unik di Jepang yang diadakan setiap tahunnya, namanya Kanamara Masuri. Festival ini dikenal juga dengan nama Festival Penis.

Beragam festival di dunia yang menarik untuk dilihat dan diketahui makanya, seperti yang ada di Jepang ini. Namanya Kanamara Masuri, yang dikenal juga oleh wisatawan dengan Festival Penis.

Namun kamu jangan berpikiran jorok dulu ya. Kanamara Masuri adalah festival sakral dimana diadakan sebagai bentuk doa kesuburan, kelancaran hubungan perkawinan dan kemakmuran bisnis lho.

Setiap tahun, tepatnya pada bulan April festival ini diadakan di Kuil Kanayama, yang terletak di halaman Kuil Wakamiya Hachimangu di Kawasaki.

Festival penis di JepangFestival penis di Jepang Foto: (dok Kanayama Shrine)

Kuil Kanayama didedikasikan untuk Kanayama Hiko no Kami dan Kanayama Hime no Kami, pasangan dewa yang dirayakan sebagai pelindung dan seksualitas. Itulah sebabnya festival utama kuil ini diadakan sebagai doa untuk berkah anak-anak dan kelancaran hubungan pernikahan.

Namun, tidak hanya untuk pasangan suami istri saja yang datang ke sini. Setiap tahun, lebih dari 30.000 orang dengan berbagai latar belakang, kebangsaan, dan identitas seksual ambil bagian dalam acara ini.

Sejarah festival

Pada masa Periode Edo (1603-1868), Kawasaki dulunya kawasan penginapan di sepanjang Tokaido, jalan utama yang menghubungkan ibu kota timur Edo dengan Kyoto. Diceritakan bahwa para wanita yang bekerja di penginapan sebagai pelayan dan juga pelacur biasa datang ke Kuil Kanayama untuk berdoa agar dilindungi dari penyakit dan kemalangan.

Bahkan di zaman modern, orang-orang yang menderita penyakit menular seksual terus datang pada malam hari ke kuil untuk berdoa. Inilah yang mendorong umat paroki Kuil Kanayama untuk memulai festival yang dapat dinikmati siapa saja di siang hari, tanpa diskriminasi. Semua orang bisa datang ke sini, siapapun!

Ada juga legenda terkait festival ini lho. Pada zaman dahulu seorang wanita akan menemui pandai besi untuk dibuatkan patung kelamin (lingga) dari besi. Mereka percaya patung ini bisa mematahkan gigi iblis yang mengganggu hubungannya dengan sang suami. Jadi sekarang kita bisa lihat bagaimana lingga itu jadi ikon festival.

Festival penis di JepangFestival penis di Jepang Foto: (dok Kanayama Shrine)


Festival penis di JepangFestival penis di Jepang Foto: (dok Kanayama Shrine)

Ada apa saja di festival?

Traveler yang datang ke festival bisa berkunjung ke kuil dan ruang pameran di dalam halaman kuil, atau membeli suvenir dan manisan berbentuk penis dari berbagai kedai makanan.

Juga di ruang pameran Kuil Kanayama, pengunjung dapat melihat koleksi gambar, benda, dan buku yang berkaitan dengan tradisi seksualitas lainnya. Menariknya, kamu bisa mengetahui tentang festival lain di dunia yang didedikasikan untuk dewa pelindung seksualitas selain Kanamara Matsuri.

Selanjutnya Puncak Festival Penis

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA