Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Nov 2021 09:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hamtramck, Dunia dalam 5 Km Persegi, Kota Pertama di AS yang Dipimpin Muslim

Femi Diah
detikTravel
Hamtramck kota pertama di AS yang dipimpin muslim
Hamtramck kota pertama di AS yang dipimpin muslim. (Foto: Getty Image)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler

Hamtramck Contoh Bukan Zamannya Lagi Islamofobia

Dua puluh tahun setelah serangan 11 September, Islamofobia masih menghantui umat muslim dan etnis Arab Amerika.

Hampir setengah dari orang dewasa muslim-Amerika mengatakan mengalami beberapa bentuk diskriminasi. Itu ditambah kampanye Donald Trump dalam Pilpres yang mengusulkan larangan imigran dari negara-negara mayoritas muslim memasuki AS.

Para peneliti juga menemukan bahwa di antara semua kelompok agama, muslim masih menghadapi pandangan paling negatif dari publik Amerika. Para muslim menjadi sasaran prasangka.

Lebih dari separuh warga AS mengatakan tidak mengenal muslim. Bagi mereka yang dekat dengan umat muslim cenderung tidak berpikir bahwa Islam mendorong kekerasan kepada pemeluk agama lain.

Ketika Shahab Ahmed mencalonkan diri sebagai anggota dewan kota tak lama setelah serangan 11 September, dia menghadapi perjuangan yang berat.

"Ada selebaran di seluruh kota yang mengatakan saya pembajak ke-20 yang tidak berhasil mencapai pesawat," kata orang Bengali Amerika itu.

Setelah dia kalah dalam pemilihan tahun 2001, Ahmed mengetuk pintu tetangga untuk memperkenalkan diri. Dia terpilih dua tahun kemudian, menjadi pejabat kota muslim pertama di Hamtramck. Sejak itu, dukungan untuk komunitas muslim tumbuh di kota tersebut.

Pada 2017, ketika pemerintahan Trump memberlakukan larangan masuk bagi pendatang dari sejumlah negara muslim, warga berkumpul untuk memprotes.

"Di satu sisi, itu memobilisasi dan menyatukan banyak orang karena semua orang tahu bahwa untuk tinggal di Hamtramck, Anda harus menghormati orang lain," kata Razi Jafri, salah satu sutradara film dokumenter "Hamtramck, USA".

Secara nasional, muslim Amerika juga menjadi lebih terlihat secara politis. Pada tahun 2007, kader Partai Demokrat Minnesotan Keith Ellison menjadi anggota kongres muslim pertama. Saat ini, Kongres AS memiliki empat anggota muslim.

Hamtramck kota pertama di AS yang dipimpin muslimGrafiiti perempuan berhijab di Hamtramck, kota pertama di AS yang dipimpin muslim. (Getty Image via BBC)

Pada hari pemilihan Hamtramck bulan ini, puluhan warga berkumpul di depan tempat pemungutan suara untuk saling menyapa, banyak yang memamerkan suvenir Hari Pemilihan mereka, yaitu stiker "Saya memilih".

Jaczkowski bilang para imigran sangat antusias untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

"Ini adalah hal yang sangat Amerika untuk dapat menyatukan orang," kata dia.

Bukan Disneyland, Debat Budaya dan Kemiskinan Juga Ada kok Hamtramck

Tetapi bukan berarti tidak pernah terjadi konflik di Hamtramck. Pada bulan Juni, ketika pemerintah kota menyetujui pengibaran bendera kebanggaan gay di depan balai kota, beberapa warga marah.

Beberapa bendera yang tergantung di luar bisnis pribadi dan rumah dirobohkan, termasuk satu di luar toko pakaian vintage di pusat kota milik Majewski.

"Itu mengirimkan pesan yang sangat mengkhawatirkan kepada orang-orang," katanya.

Ganja juga menjadi sumber kontroversi. Pembukaan tiga apotek di Hamtramck memicu kecemasan dari beberapa komunitas muslim dan Katolik-Polandia.

Kemudian, warga lainnya prihatin dengan kurangnya partisipasi politik perempuan dalam komunitas muslim konservatif.
Seperti pada malam pemilihan, Ghalib sebagai wali kota terpilih, dikelilingi oleh kerumunan warga Yaman-Amerika yang gembira dalam pesta pascapemilihan, menyajikan baklava dan kebab. Lebih dari 100 pendukung ada di sana, semuanya laki-laki.

Perempuan berpartisipasi dalam kampanyenya, kata Ghalib, tetapi pemisahan jenis kelamin tetap tradisional, bahkan ketika ditantang oleh generasi muda yang telah menjadi lebih "Amerika".

Hamtramck kota pertama di AS yang dipimpin muslimUmat Muslim berdoa saat salat Jumat di Masjid Islamic Center Al-Islah di Hamtramck, Michigan. Foto: Getty Image via BBC)

Hamtramck juga menghadapi tantangan yang sama dengan kota-kota kawasan Rust Belt, mulai dari infrastruktur yang rusak hingga peluang ekonomi yang terbatas. Rust Belt mencakup Indiana, Illinois, Michigan, Missouri, New York, Ohio, Pennsylvania, West Virginia, dan Wisconsin yang mengalami penurunan industri pada era 1980an.

Hujan lebat selama musim panas membanjiri selokan kota dan banyak rumah. Tingkat timbal yang tinggi ditemukan dalam sampel air minum kota, yang menarik perhatian nasional. Sudah begitu, hampir setengah dari penduduk kota berada di bawah garis kemiskinan.

Ini hanyalah beberapa dari masalah mendesak yang harus dihadapi oleh kepemimpinan kota yang baru.

"Seperti apa demokrasi di kota berpenduduk mayoritas muslim? Seperti di tempat lain, berantakan dan rumit," kata pembuat film dokumenter Jafri.

"Jadi ketika muncul hal-hal yang tidak beres, perlu segera diatasi," dia menambahkan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA