Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Feb 2022 19:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sedih Sekali, Bar Tertua di Inggris Gulung Tikar Gegara Pandemi

Bar tertua di dunia terpaksa tutup karena masalah keuangan dan pandemi Covid-19.
Foto: Bar Ye Olde Fighting Cocks (Viosan via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
London -

Sebuah bar yang dipercaya sebagai yang tertua seantero Inggris Raya akhirnya menyerah dihantam pandemi. Bar ini bangkrut setelah lebih dari 1.000 tahun buka.

Bar itu bernama Ye Olde Fighting Cocks. Bar ini diklaim sebagai bar tertua di Britania Raya. Bar ini sudah melayani tamu sejak tahun 793, setidaknya itu yang tertulis di situs webnya.

Pemiliknya bernama Christo Tofalli. Melalui status di Facebook pada Jumat lalu, Tofalli menuliskan bahwa bar tersebut terpaksa ditutup karena masalah keuangan yang diperparah oleh pandemi Covid-19.

Dia pun menceritakan perjuangan saat dia bersama timnya, memutar otak untuk menjalankan roda bisnis bar tertua di Britania Raya itu.

"Dua tahun terakhir belum pernah terjadi sebelumnya untuk industri perhotelan, dan telah mengalahkan kita semua yang telah berusaha sekuat tenaga untuk memastikan bar pemenang banyak penghargaan ini dapat terus berdagang di masa depan," tulis Tofalli, seperti dikutip dari CNN, Minggu (13/2/2022).

Sebenarnya, perjuangan Tofalli dalam mempertahankan bar ini sudah dimulai sejak sebelum hantaman badai pandemi Covid-19. Ia menceritakan bahwa kondisi bisnis bar di Inggris saat itu sudah sulit.

Seperti sudah jatuh tertimpa tangga, pandemi Covid-19 membuat perjuangan yang sudah ia lakukan runtuh seketika. Kondisi keuangan bar yang sebelumnya sudah tak lagi kondusif, semakin berantakan.

"Tak perlu dikatakan saya patah hati. Pub ini telah menjadi lebih dari sekadar bisnis bagi saya, dan saya merasa terhormat telah memainkan peran kecil dalam sejarahnya," tulisnya.

Sebelum pandemi, industri bar Inggris memang sudah terlihat tak menyenangkan. Bahkan, hampir semua bar dan restoran membuang minuman begitu saja karena tak laku.

Kantor Badan Statistik Inggris mencatat ada lebih dari 11 ribu bar tutup antara tahun 2008 dan 2018. Artinya hampir seperempat bar di Inggris sudah tak lagi melayani pelanggan.

Bar Ye Olde Fighting Cocks ini sudah diakui Guinness World Records sebagai bar tertua di Inggris. Namun pada 2000, Guinness mencabut gelar tersebut dengan dalih bar ini tak bisa memverifikasi secara jelas apakah benar merupakan yang tertua di Inggris.



Simak Video "Duck Down Bar: Karaoke Bawah Tanah Berkonsep Dive Bar Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA