Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Mei 2022 15:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tradisi Lulus Sekolah di Belanda, Bukan Corat-coret Seragam, Tapi Gantung Tas

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kelulusan
Ilustrasi perayaan kelulusan. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kelulusan SMA di Indonesia kerap ditandai dengan tradisi mencorat-coret baju seragam. Meski terkadang dipandang sebagai hal yang kurang baik, namun tradisi ini masih bertahan hingga saat ini.

Tradisi yang menandai kelulusan dengan cara yang unik juga ada di Belanda. Jika di Indonesia benda yang berkaitan dengan tradisi adalah seragam, di Belanda, benda yang dikenai tradisi adalah tas sekolah.

Di Belanda, jika salah satu anggota keluarga baru saja menerima pengumuman kelulusan, mereka akan menggantung tas sekolah di tiang bendera rumah mereka. Tas ini digantung bersamaan dengan bendera Belanda.

Hal ini dilakukan untuk memberitahu penduduk di lingkungan sekitar bahwa terdapat anggota keluarga yang baru saja lulus. Keluarga di Belanda secara umum senang mengumumkan berita-berita bahagia, terutama mengenai kesuksesan pendidikan anak-anak mereka.

Selain itu, mengutip dari Dutch Review, secara simbolis tradisi ini menunjukkan bahwa tas sekolah yang digantung telah melaksanakan tugasnya dengan baik serta kekhawatiran akademis yang dimiliki sudah dibuang ke luar (sudah hilang dari dalam diri).

Di beberapa keluarga, mereka tidak hanya menggantung tas sekolah, tetapi dilengkapi juga dengan buku tulis serta poster bertuliskan 'lulus'. Untuk menunjukkan dengan lebih jelas kepada penduduk sekitar.

Pemandangan ini biasanya dapat ditemui sekitar awal musim panas atau pada minggu kedua bulan Juni. Periode setelah siswa menerima hasil ujian akhir mereka.

Di Belanda, pengumuman kelulusan diberitahukan langsung melalui telepon. Terdapat tiga kemungkinan hasil, yaitu: lulus, gagal, artinya siswa harus mengulang selama satu tahun, dan ujian ulang, yang berarti siswa perlu mengikuti beberapa ujian tambahan di musim panas untuk lulus.

Jika travelers tengah mengunjungi Belanda di periode waktu tersebut, jangan sungkan untuk memberikan ucapan selamat pada keluarga yang sedang merayakan kelulusan.



Simak Video "Podium Perdana Maverick Vinales Bersama Aprilia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA