Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 26 Mei 2022 13:58 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Fakta Kawah Batagaika, Gerbang Neraka

Tim detikcom
detikTravel
The Batagaika crater in Sibera, dubbed mouth to hell| Image courtesy: Alexander Gabyshev, Research Institute of Applied Ecology of the North
Kawah Batagaika (Image courtesy: Alexander Gabyshev, Research Institute of Applied Ecology of the North/Twitter via Times Now)
Sakha -

Kawah Batagaika, Siberia, Rusia ramai diperbincangkan setelah dijuluki mulut neraka. Berikut faktanya.

Dilansir dari Badan Meteorologi Dunia (WMO) Batagaika merupakan sebuah kawah besar di wilayah Republik Sakha, Rusia. Batagaika memiliki kedalaman hingga 100 meter sedangkan lebarnya itu mencapai 1 km.

Banyak warga yang percaya bahwa kawah itu merupakan pintu ke dalam neraka atau dunia lain. Moscow Times menyebut Batagaika muncul pada 1960an setelah area hutan di Sakha hancur. Makanya, lahan di atasnya tenggelam.

Menurut peneliti, lebar kawahnya akan bertambah sampai 30 meter setiap tahun. Apa pun yang berada di permukaan tanah akan ditelan masuk ke dalam kawah. Sehingga muncullah nama "Mulut Neraka".

"Kawah #Batagaika Siberia adalah kawah permafrost terbesar di dunia. Saat tanah beku mencair, ia tumbuh," cuit WMO pada Juli 2020 lalu.

Kawah Batagaika menyimpan banyak warisan sejarah tanaman dan binatang zaman purba di zaman es.

Sejumlah fakta menarik menyelimuti kawah yang kian melebar. Berikut rangkumannya:

1. Proses Deforestasi

Melansir Atlas Obscura, pada awalnya kawah Batagaika terbentuk karena deforestasi hutan. Tanpa efek pendingin dari tanaman, lapisan permafrost di tanahnya mulai mencair saat bulan-bulan yang hangat.

Proses mencairnya permafrost melepaskan gas metan dan karbon dioksida ke atmosfer. Imbasnya, area tersebut menjadi lebih hangat sehingga lebih banyak lagi permafrost yang cair hingga akhirnya amblas.

Amblasnya tanah di area itu masih terus berlangsung. Dalam 10 tahun terakhir, kawah Batagaika melebar di antara 9 meter hingga 30,5 meter per tahun. Saat ini, Batagaika memiliki lebar 0,69 km dan kedalaman di angka 85,3 m.

2. Pintu ke Dunia Lain

Misteriusnya Batagaika sampai dijuluki julukan gerbang ke dunia lain. Julukan itu diberikan oleh suku Yakutian yang mendiami daerah sekitar kawah.

Itu bukan satu-satunya julukan yang diberikan untuk kawah Batagaika. Para ilmuwan juga memberi julukan yang tak kalah menakutkan yakni mega slump atau tanah amblas yang dasyat.

Halaman berikutnya >>>> 2 fakta lain Kawah Batagaika, gerbang neraka

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dahsyatnya Kerusakan Akibat Banjir Bandang di Austria Dilihat dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA