Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 22:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fakta-fakta Unik Madeira, Kampung Halamannya Cristiano Ronaldo

bonauli
detikTravel
Funchal, Madeira, Portugal - November 3, 2016:  The Christiano Ronaldo Pestana CR hotel and museum is pictured on the Funchal waterfront on the Portuguese island of Madeira.
Madeira (Getty Images/iStock)
Madeira -

Madeira, kampung halaman Cristiano Ronaldo ini selalu menarik untuk diulik. Kecil-kecil cabe rawit, Madeira jadi destinasi terbaik dunia.

World Travel Awards kembali menahbiskan Madeira sebagai 'World's Leading Island Destination' atau juga biasa disebut 'Best Island in The World'. Ini bukan yang pertama, tapi sudah yang kedelapan kalinya.

Dilansir dari The Telegraph, Madeira punya 10 fakta menarik yang jarang kamu ketahui:

1. Madeira bukan pulau

Madeira seringkali disebut pulau, padahal bukan. Madeira adalah kepulauan. Terbentuk dari gunung berapi, Madeira punya pulau-pulau kecil yang tersembunyi. Bahkan Christopher Colombus pernah tinggal di salah satu pulau yang bernama Porto Santo. Rumahnya kini dijadikan sebagai museum.

2. Festival tiap pekan

Musim festival bukan hanya ada di bulan Februari. Setiap Sabtu malam, Madeira punya festival kembang api yang sayang untuk dilewatkan.

3. Kebun anggrek

Tanah Madeira sungguhlah subur, aneka bunga bisa tumbuh indah di sini. Salah satu area yang terkenal adalah perkebunan abad ke-19 di lereng Funchal. Perkebunan ini terkenal dengan koleksi anggreknya.

Pengunjung dapat melihat berbagai anggrek mulai dari cattleya, cymbidium sampai paphiopedilum. Bunga-bunga ini mekar sepanjang tahun. Ada juga Festival Bunga Madeira yang diadakan pada bulan Mei.

4. Mini Galapagos

Madeira punya kesamaan suaka margasatwa dengan Ekuador. Di Deserta Grande, tenggara Madeira, menjadi rumah bagi delapan spesies burung laut, kadal dinding Madeiran dan koloni anjing laut biarawan Mediterania. Area ini tak berpenghuni dan sangat mirip dengan Galapagos.

5. Februari bulan paling menyenangkan

Saat bulan Februari datang, warga Madeira akan mengadakan festival paling meriah, Mardi Gras. Hiasan kepala bulu dan gaya flamboyan akan terlihat di mana-mana saat bulan Februari. Ini jadi bulan penuh pesta untuk Madeira.

6. Hotel di tebing

Fakta menarik lainnya dari Madeira banyaknya hotel di tebing. Yang paling terkenal adalah Kota Funchal. Namun sebenarnya, ada banyak rekomendasi hotel-hotel dengan pemandangan indah di tepi tebing di Madeira.

7. Tujuh adalah angka ajaib

Bukan kebetulan, di Madeira angka tujuh adalah ajaib. Ini mengapa nama CR7 begitu melekat dan jadi kekuatan di sana.

8. Ada jejak pegolf dunia

Christopher Columbus bukan satu-satunya orang Eropa yang meninggalkan jejak di Porto Santo. Pegolf hebat Spanyol, Severiano Ballesteros jadi salah satu yang pernah bertanding di sana.

9. Funchal yang penuh warna

Funchal jadi kota terbesar yang juga penuh warna. Kota ini punya Proyek Pintu Lukis yang jadi pusaran kreativitas publik. Tembok-tembok gedungnya dihiasi dengan lukisan cerah dan imajinatif. Tiap sudut kota ini sungguhlah fotogenik untuk wisatawan.

10. Surga penyelam

Berada di Atlantik, menjadikan laut Madeira sangat indah. Ada banyak situs menyelam yang bisa dikunjungi, salah satunya Madeirense. Spot ini berisikan kapal feri yang tenggelam di Porto Santo pada tahun 2000 sehingga menjadikannya sebagai terumbu buatan.



Simak Video "Ngeri! 1.000 Orang Tewas Akibat Gelombang Panas di Portugal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA