Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Agu 2022 14:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Destinasi Wisata Muslim-Friendly di Singapura, Ada Masjidnya Lho!

Angga Laraspati
detikTravel
Wisata Muslim Friendly di Singapura
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Singapura memiliki sederet destinasi wisata yang ramah untuk muslim traveler. Simak nih rekomendasinya.

Berlibur ke luar negeri yang mayoritas penduduknya beragama nonmuslim akan menjadi tantangan bagi seorang muslim. Sebab, seorang muslim akan sulit untuk menemukan kuliner bersertifikasi halal dan juga tempat untuk salat atau beribadah.

Walau begitu, beberapa negara non-muslim sudah membuat pariwisata di negaranya menjadi muslim friendly, salah satunya Singapura. Ya, Singapura memiliki sederet tempat wisata yang muslim friendly, sehingga cocok dijadikan tempat liburan bagi umat muslim.

Rekomendasi destinasi wisata di Singapura yang cocok didatangi umat muslim:

1. Orchard Road

orchard roadKawasan Orchard Road Foto: (Titry Frilyani/d'Traveler)

Jalan utama yang populer di kalangan turis ketika jalan-jalan ke Singapura ini memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan, tempat makan, kedai-kedai kecil di trotoar jalan hingga hotel-hotel mewah. Walau begitu, Orchard Road memiliki berbagai tempat wisata yang muslim-friendly.

Seperti salon muslim yang ada di Far East Plaza, Masjid Al-Falah untuk tempat salat, dan beberapa pusat perbelanjaan dengan brand lokal. Jangan lupa juga untuk mendatangi mall-mall besar yang ada di sepanjang jalan ya.

Urusan makanan, kawasan ini juga menyimpan beberapa kuliner halal yang bisa ditemui di sepanjang jalan. Sebut saja, Puncak, Cajun on Wheels, Heavenly Wang hingga Sora Baru yang semuanya sudah memiliki sertifikat halal.

2. Kampong Glam

Terletak di antara Sungai Kallang dan berbagai pusat perbelanjaan besar di daerah Bugis, Kampong Glam menyuguhkan sepotong warisan Singapura yang terpelihara dengan baik dan indah. Di tempat ini juga terdapat masjid terbesar di Singapura yaitu Sultan Mosque.

Tempat wisata di SingapuraTempat wisata di Singapura Kampong Glam (budiartiannisa/d'Traveler)

Desain masjid ini memadukan desain tradisional India dengan sentuhan elemen Islam. Arsitekturnya juga ada sedikit sentuhan Eropa dengan kubah emas. Maka, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke masjid terbesar ini ya.

Selain Sultan Mosque, ada juga Hajjah Fatimah Mosque yang desainnya cukup unik. Datangi juga beberapa tempat untuk berbelanja atau makanan kuliner yang sudah tersertifikasi halal seperti di Haji Lane atau Bussorah Street.

3. Little India

Little India merupakan salah satu kawasan yang ramah muslim di Singapura. Di tempat ini para pelancong bisa menemukan perpaduan antara budaya muslim dengan India, mulai dari makanan hingga arsitektur bangunannya.

Ada beberapa tempat yang bisa didatangi di tempat ini, salah satunya yaitu Masjid Abdul Gafar yang didirikan kurang lebih seratus belasan tahun yang lalu. Dengan desain yang didominasi warna hijau, masjid ini sarat akan sejarah muslim di Singapura.

Kawasan ini juga menyimpan beberapa destinasi wisata menarik, seperti Mustafa Center yang menjadi pusat makanan halal, elektronik, camilan, hingga perhiasan. Ada juga beberapa tempat menarik lainnya seperti Indian Heritage Centre, dan Sri Veeramakaliamman Temple.

4. Chinatown

Meskipun dinamakan Chinatown, bukan berarti kawasan ini tidak ramah umat muslim lho. Buktinya ada beberapa tempat makanan yang tersertifikasi halal dan beberapa masjid besar yang bisa dipakai untuk beribadah.

Seperti Jamae Mosque, sebuah masjid yang dibangun antara tahun 1830 dan 1835 oleh imigran Muslim Tamil India Selatan atau yang dikenal sebagai Chulias. Masjid Jamae adalah salah satu masjid tertua yang ada di Singapura.

Selain masjid tertua, di kawasan ini para pelancong juga akan melihat peleburan budaya China, Muslim, dan Hindu menjadi satu. Para wisatawan muslim juga bisa mendatangi beberapa kuil yang cantik di kawasan ini lho!

Tak hanya tempat-tempat itu saja, masih banyak lagi kawasan di Singapura yang ramah untuk umat muslim, seperti Sentosa Island hingga Tiong Bahru. Jadi tunggu apalagi? Jadikan Singapura sebagai destinasi wisata, karena banyak tempat yang ramah umat muslim.

Kabar baik untuk yang ingin mengunjungi Singapura, Antavaya menyediakan paket tour 'Muslim Friendly' selama 3 hari 2 malam dengan harga mulai Rp 5.379.000/pax. Dengan harga tersebut, wisatawan sudah mendapatkan hotel Traveltine/setaraf, makan pagi, tiket masuk Orchid Garden, penjemputan dan pengantaran Bandara, Full Day City Tour Singapore Day 2 dan sudah termasuk PPN 1,1%.

Untuk yang berminat, periode booking paket ini berjalan hingga 28 Sep 2022. Penawaran juga berlaku mengikuti ketersediaan kamar. Oh iya, harga juga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perubahan kurs valuta asing dan berdasarkan ketersediaan. Informasi lebih lanjut bisa disimak di sini.



Simak Video "KuTips: Yang Perlu Disiapkan untuk Melancong ke Singapura!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA