Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 05 Okt 2022 18:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Desa Batu Nisan, Dibangun Pengungsi Korea di Pemakaman Jepang

Busan
Kota Busan (Foto: iStock)
Busan -

Sepintas, Ami-dong tampak seperti desa biasa di Kota Busan, Korea Selatan. Rumah-rumahnya berwarna-warni dengan gang-gang sempit menghadap pegunungan.

Namun jika dilihat lebih dekat, traveler mungkin melihat bahan bangunan yang tidak biasa yang tertanam di fondasi rumah, dinding, dan tangga curam, ada batu nisan bertulis karakter Jepang.

Ami-dong, juga disebut Desa Budaya Batu Nisan, dibangun selama Perang Korea, yang pecah pada tahun 1950 setelah Korea Utara menginvasi Selatan.

Konflik tersebut menggusur sejumlah besar orang di Semenanjung Korea. Ada lebih dari 640.000 warga Korea Utara melintasi 'paralel ke-38' yang membagi kedua negara, menurut beberapa perkiraan.

Di Korea Selatan, banyak warga juga melarikan diri ke selatan negara itu, jauh dari Seoul dan garis depan.

Desa Ami-dong BusanDesa Ami-dong Busan (Foto: CNN)

Banyak dari pengungsi ini menuju Busan, di pantai tenggara Korea Selatan, salah satu dari dua kota yang tidak pernah direbut oleh Korea Utara selama perang. Lainnya ke Daegu yang terletak 88 kilometer.

Busan menjadi ibu kota sementara di masa perang, dengan pasukan PBB membangun perimeter di sekitar kota. Sisi keamanan menjadikannya sebagai kota pengungsi yang sangat besar dan benteng terakhir kekuatan nasional.

Tapi para pengungsi memiliki masalah, menemukan tempat tinggal. Ruang dan sumber daya yang langka di Busan.

BusanBusan (Foto: iStock)

Beberapa menemukan jawabannya di Ami-dong, sebuah krematorium dan kuburan yang terletak di kaki pegunungan Busan. Daerah itu dibangun selama pendudukan Jepang di Korea dari tahun 1910 hingga 1945.

Periode pemerintahan kolonial Jepang, keberadaan budak seks di rumah bordil pada masa perang adalah salah satu faktor sejarah utama di balik hubungan pahit kedua negara hingga hari ini.

Selama itu pula dataran datar Busan yang layak huni dan daerah pusat kota di tepi pelabuhan laut dikembangkan sebagai wilayah Jepang, menurut sebuah artikel di panduan pengunjung resmi pemerintah kota.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemohon Visa Korea Wajib Lampirkan Hasil Pemeriksaan Penyakit TB"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA