Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 26 Des 2022 19:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seru! Wisata Budaya hingga Kulineran di Little India Singapura

Dea Duta Aulia
detikTravel
Little India
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mengetahui budaya dan menikmati kuliner khas India merupakan dua hal menarik yang harus dilakukan saat berkunjung ke Little India di Singapura. Pasalnya, daerah tersebut menyimpan segudang keunikan yang mampu memberikan pengalaman berkesan bagi para wisatawan.

Tak hanya itu, para wisatawan juga bakal merasakan sensasi seperti sedang berkunjung di India. Sebab ornamen bangunan yang berada di kawasan tersebut seperti di India.

Selain ornamen, ada sejumlah keseruan lain yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Berikut hal-hal seru yang bisa dinikmati saat berwisata di Little India Singapura.

1. Wisata Religi

Wisata religi bisa memberikan pengalaman baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Little India. Pasalnya, daerah tersebut memiliki sejumlah tempat ibadah dari berbagai agama dengan arsitektur bangunan yang cukup memukau.

Tak hanya dari segi bangunan saja, sejumlah tempat ibadah juga memiliki cerita sejarah yang cukup unik. Kuil Leong San misalnya, tempat ibadah ini memiliki ornamen naga di bagian atas bangunan menyuguhkan bangunan arsitektur yang cukup ciamik.

Kuil ini dibalut dengan dominasi warna kuning emas yang membuat Leong San seperti tempat ibadah yang begitu mewah.

Selain itu, ada pula Kuil Sri Veeramakaliamman yang memiliki cerita sejarah cukup unik. Pasalnya kuil Hindu ini tergolong kuil tertua di Singapura yang dibangun pada 1855 dengan gaya arsitektur khas India Selatan. Kuil tersebut dibangun bertujuan untuk menghormati dewi Sri Veeramakaliamman.

Bagi yang beragama Islam ada juga Masjid Abdul Gafur. Masjid ini dibangun pada 1910 untuk melayani kebutuhan para pedagang muslim India Selatan yang bekerja di Kampung Kapor.

Secara bangunan, masjid ini memiliki gaya arsitektur yang cukup unik, perpaduan antara gaya India Selatan dan Moor. Tak lupa juga kaligrafi Arab turut mempercantikan bangunan masjid tersebut.

2. Gedung Ikonik kaya akan Budaya di Little India

Little IndiaFoto: Shutterstock

Ada sejumlah tempat di Little India yang menyuguhkan karya seni yang cukup memukau, salah satunya Residence of Tan Teng Niah. Residence of Tan Teng Niah merupakan kediaman mendiang taipan yang menjalankan bisnis kembang gula.

Bangunan yang sudah sudah ada sejak abad ke-20 ini masih mempertahankan arsitektur yang cukup khas seperti pintu ayun. Begitu juga dengan bagian atapnya terbuat dari bambung dan serta kaligrafi cina yang menghiasi dinding ruangan.

Meskipun telah dipugar, bangunan ini tetap menghadirkan keindahan tersendiri. Bahkan para pengunjung bisa berswa foto di Residence of Tan Teng Niah.

Ada pula Ellison Building, gedung yang wajib dikunjungi saat berada di Little India. Pasalnya bangunan tersebut memiliki gaya arsitektur kolonial terbaik yang dibangun pada 1924. Secara fungsi, bangunan ini dulunya digunakan oleh para gubernur era kolonial untuk berkumpul dan menonton balap yang biasanya diselenggarakan pada hari Minggu.

3. Berburu Oleh-oleh bernuansa India

Little IndiaFoto: Shutterstock

Berkunjung ke Little India rasanya kurang pas kalau tidak membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat di Indonesia. Pasalnya, Little India menyuguhkan sejumlah tempat wisata oleh-oleh yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Rasool Shop misalnya, toko ini menyuguhkan beragam oleh-oleh yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Keistimewaan Rasool Shop tidak hanya sebatas itu saja. Ritel tersebut merupakan salah satu destinasi wisata berburu oleh-oleh yang kerap dikunjungi oleh orang-orang terkenal seperti selebriti, politikus, hingga bintang film.

Ada banyak pilihan produk khas Rasool Shop yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti, makanan laut, soup, rempah acar, rempah merah, tandoori, dan lainnya.

Selain itu, ada pula Jewel Palace menyuguhkan pilihan barang lain yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Di tempat tersebut, para wisatawan bakal disuguhkan dengan sejumlah perhiasaan hingga pakaian tradisional khas India.

Tak hanya itu, pakaian tradisional yang disuguhkan di tempat tersebut juga memiliki kualitas yang baik karena setiap jahitannya begitu halus dan dikerjakan oleh tenaga profesional.

4. Cicipi Kuliner ala India

Puas berburu oleh-oleh pastinya bikin perut menjadi lapar. Tenang, ada sejumlah tempat yang cocok untuk mengisi isi perut saat berwisata di Little India, salah satunya Tekka Food Centre.

Saat berkunjung ke Tekka Food Centre, para wisatawan bakal disuguhkan dengan sejumlah makanan India mulai dari yang bercita rasa manis, asin, hingga pedas. Menariknya, tak hanya menyuguhkan kuliner khas India saja. Para wisatawan bakal mendapatkan pilihan kuliner khas China yang pastinya tidak kalah lezat.

Selain itu ada pula Lagnaa Barefoot Dining yang juga menyuguhkan kuliner khas India. Berbeda dengan tempat makan sebelumnya, Lagnaa Barefoot Dining bakal menyuguhkan makanan dengan cita rasa pedas yang disesuaikan dari level 1 sampai 10. Tak hanya pedas, makanan yang terdapat di Lagnaa Barefoot Dining juga kaya dengan cita rasa rempah yang super lezat.

Deretan keseruan tersebut sayang banget untuk dilewatkan begitu saja. Nah untuk para wisatawan yang ingin menikmati keseruan di Little India Singapura bisa langsung manfaatkan penawaran spesial dari Travel Agent kesayangan Anda. Salah satunya dari Travel Partner Antavaya dengan Singapore Tourism Board. Yuk Hidupkan Kembali Impian Berliburmu ke #VisitSingapore.

Singapore Tourism BoardFoto: dok. Singapore Tourism Board

(akd/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
detik Pagi
×
Live Chat Klik Di Sini
Live Chat Klik Di Sini Selengkapnya