Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Nov 2022 20:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seru! Ini 5 Tempat Liburan Sambil Belajar di Singapura buat Anak

Angga Laraspati
detikTravel
Science Center Singapore
Foto: Science Center Singapore
Jakarta -

Belajar tak melulu harus dilakukan di sekolah saja. Sambil liburan, anak-anak pun bisa belajar memperkaya wawasan dan melatih sensoriknya, termasuk saat pergi ke Singapura.

Ada banyak destinasi edutainment menarik dan ramah anak di Singapura, baik itu di museum, perkebunan, dan lain-lain. Pastinya, lokasi-lokasi ini cocok untuk menumbuhkan minat belajar anak akan banyak hal baru.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi selama berlibur di Singapura sambil memberikan ilmu ke anak-anak.

ArtScience Museum

ArtScience Museum yang terletak di Marina Bay Sands adalah salah satu ikon dari Singapura. Dengan luas sekitar 5.000 meter persegi, destinasi wisata ini menawarkan koleksi yang cantik dan juga mampu menambah wawasan anak.

ArtScience Museum merupakan museum yang memadukan antara seni dan juga sains di satu atap. Ada 21 ruangan yang bisa dieksplorasi bersama anak-anak selama berada di tempat ini. Koleksi seni dan sainsnya juga cukup banyak.

Adapun koleksinya antara lain seni-seni dari pelukis terkenal, sebut saja Leonardo Da Vinci, Vincent Van Gogh, dan seniman lainnya. Ada juga koleksi sains seperti partikel fisika, paleontologi, biologi kelautan hingga eksplorasi luar angkasa.

Tak hanya itu, ada fasilitas lainnya seperti ruangan VR, sinema dan juga fasilitas pendukung lainnya. Museum ini buka hingga pukul 19.00 waktu lokal.

Science Center Singapore

Science Center SingaporeFoto: Science Center Singapore

Destinasi lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk edukasi anak-anak adalah Science Center Singapore. Tempat ini menyimpan koleksi sains terbesar yang ada di Singapura. Pastinya tempat ini sangat bagus bukan untuk menambah wawasan anak-anak?

Pameran interaktif dengan 14 galeri ini menghadirkan beberapa koleksi seperti Ecogarden yang menampilkan berbagai tanaman yang tumbuh secara alami tanpa bantuan manusia. Ada juga Phobia The Science of Fear yang menampilkan beberapa skenario menakutkan.

Destinasi ini juga menawarkan 2 atraksi menarik seperti Omni Theatre yang jadi satu-satunya teater kubah IMAX di Singapura. Bisa juga merasakan musim dingin dengan mengunjungi Snow City, wahana salju permanen dalam ruangan pertama di Singapura.

MINT Museum of Toys

Anak-anak pasti sangat menyukai mainan bukan? Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mengajak mereka ke museum mainan di Singapura, tepatnya adalah MINT Museum of Toys. Pengalaman mengunjungi museum ini pun akan terbayarkan dengan koleksi mainan yang langka.

Pengunjung akan menjumpai beragam koleksi mainan antik dan langka, termasuk poster-poster, papan iklan dan masih banyak lagi.

Terletak di Seah St, museum ini juga menyimpan kurang lebih 50.000 koleksi yang berasal dari 40 negara dari tahun 1840-an hingga 1980-an. Museum ini terbagi menjadi empat tingkat yakni Outerspace, Characters, Childhood Favourites dan Collectibles.

Flight Experience Singapore

Flight Experience SingaporeFoto: Flight Experience Singapore

Destinasi wisata yang seru dan mengedukasi lainnya adalah Flight Experience Singapore. Di sini anak-anak bisa diajak untuk menerbangkan sebuah pesawat Boeing 737. Tenang saja, tidak terbang beneran kok, melainkan hanya virtual saja.

Pengalaman menerbangkan pesawat di tempat ini makin asyik karena sudah dilengkapi dengan visual berdefinisi tinggi. Mereka pun sudah disertifikasi oleh CASA untuk pelatihan pilot sesungguhnya.

Jadi cobalah untuk mengajak anak lepas landas dan mendarat di landasan pacu yang dipilih. Coba juga melakukannya dalam kondisi yang buruk dan skenario lainnya ketika menjadi seorang pilot. Mungkin saja anak-anak bisa menjadi pilot masa depan.

Kranji Countryside

Bagi yang menyukai liburan dengan kembali ke alam, Kranji Countryside bisa menjadi pilihan yang baik. Sebab, di tempat ini pengunjung akan diajak berkunjung ke sebuah peternakan layaknya di pinggiran kota.

Di tempat ini pengunjung dan anak-anaknya akan mendapatkan beberapa pengalaman seru seperti makan di cafe khas peternakan, belajar soal agrikultur, konservasi, dan juga pendidikan serta wawasan menarik lainnya.

Ajak juga anak-anak untuk berkunjung ke pasar yang ada di sana untuk melihat hasil-hasil bumi yang masih segar. Jangan lupa juga untuk mengunjungi pertanian dan peternakan yang ada di sana ya, dan rasakan pengalamannya serunya.

Singapore Tourism BoardFoto: dok. Singapore Tourism Board

Itu tadi beberapa rekomendasi destinasi di Singapura yang cocok banget buat yang ingin jalan-jalan sambil memberikan wawasan kepada anak-anak. Menarik sekali bukan? Karena itu, yuk segera jadwalkan liburan ke Singapura.

Untuk liburan yang lebih hemat, bisa mengecek beragam penawaran istimewa dari kolaborasi Travel Partner Antavaya dengan Singapore Tourism Board. Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

(fhs/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA