DetikTravel

Laporan dari Laos

Misteri Stupa Emas Pha That Luang di Laos

Ahmad Masaul Khoiri - detikTravel - Jumat, 17/02/2017 08:17 WIB
Vientiane - Di Vientiane, Laos, ada tempat suci berupa stupa emas Pha That Luang. Tempat ini menyimpan sebuah misteri. Apakah itu?

Stupa, kalau merujuk ke Candi Borobudur, bisa berongga dan berisi sesuatu atau padat tanpa ruangan seperti stupa utama di puncak Candi Borobudur. Nah bagaimana dengan stupa emas Pha That Luang?

Konon katanya, stupa emas ini punya ruangan untuk menyimpan benda keramat. Namun keberadaannya seperti misteri saja apakah benar atau tidak.

Menurut pemandu tur detikTravel dari Laos, Mr Tony, Minggu (5/2/2017), misteri itu terletak pada bagian dalam stupa. Hal itu merujuk pada penempatan patung Buddha yang terbuat dari batu dan logam mulia.

"Sepengetahuan saya memang tidak ada ruangan di stupa ini. Semuanya terisi beton," kata Tony kala itu.

"Tapi, kita percaya adanya keberadaan patung Budha dari abad ke-13 yang diletakkan di dalamnya. Lalu ditimbun dengan beton tadi. Patung itu berasal dari batu dan logam mulia," imbuh dia.

Oleh penjelasan di atas di katakan Tony stupa ini hanya boleh dimasuki oleh presiden dan para tetua biksu. Di sisi yang lain, stupa ini memang menjadi tempat yang sakral oleh warga Laos dan para pengikut agama Buddha.

Entah benar atau tidaknya itu tergantung keyakinan masing-masing. Tapi satu yang pasti, monumen bercat emas ini memang amat menyolok dari bangunan lainnya di Laos. Daya pikatnya pun tak pernah pudar dimakan waktu bagi turis dalam luar negeri. (msl/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com