Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Mei 2014 17:51 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 5 Negara Muslim Favorit Traveler Dunia

Kawasan Putrajaya di Malaysia (Putri/detikTravel)
Jakarta - Indonesia memang adalah negara Islam terbesar sedunia. Tapi di mata wisatawan, inilah 5 negara Muslim favorit untuk berwisata.

"Di peringkat pertama ada Turki, kemudian Malaysia, dan Arab Saudi. Itu di luar perjalanan haji dan umrah," tutur Wamenparekraf, Sapta Nirwandar dalam konferensi pers International Forum of Islamic Tourism dari Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Ruang Banda B, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (12/5/2014).

Dua peringkat selanjutnya negara Islam favorit turis, lanjut Sapta, adalah Mesir dan Maroko. "Indonesia belum jadi top 5," tambahnya.

Berdasarkan data dari Thomson Reuters dalam penelitian State of the Global Islamic Economy 2012, umat Muslim dunia menghabiskan sekitar USD 137 miliar untuk berwisata di tahun 2012. Hal ini berarti, perjalanan turis Muslim menyumbang 12,5% dari total pengeluaran perjalanan global.

"Jumlah itu diperkirakan akan bertambah menjadi USD 181 juta pada 2018. Ini di luar perjalanan haji dan umroh ya," tambah Sapta.

Potensi wisata syariah di Indonesia juga akan dibahas dalam forum pariwisata Muslim pertama di dunia, yakni 'The 1st OIC International Forum on Islamic Tourism'. Forum ini akan digelar pada 2-3 Juni 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta.

"Akan dihadiri oleh 57 anggota OKI, pemda terutama Aceh dan Sumbar yang berdasarkan Islam, juga berbagai asosiasi," tutup Sapta.



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA