Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenang Karnaval Air Paling Heboh di Kalimantan Barat

Presiden Joko Widodo menghadiri Karnaval Khatulistiwa, Pontianak (Bagus Prihantoro/detikTravel)
Pontianak - Kalimantan Barat memang terkenal dengan sungai yang lebar dan panjang. Kegiatan menarik pun banyak yang berpusat di sungai, termasuk Karnaval Air meriah yang menjadi bagian dari Karnaval Khatulistiwa di Pontianak.

Karnaval Khatulistiwa Sabtu (22/8) kemarin diselenggarakan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta beberapa menteri dan terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan meriah, termasuk Karnaval Air di Sungai Kapuas.

detikTravel turut hadir menyaksikan karnaval itu. Ketika menjelang dimulainya acara, Kota Pontianak tampak begitu ramai dengan warga yang menggunakan baju daerah atau seragam untuk ikut karnaval. Baik tua maupun muda, semua berkumpul menyambut presiden dan karnaval yang akan dimulai.

Jokowi beserta jajarannya sempat naik kapal menyusuri Sungai Kapuas menuju dermaga di Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Kemudian mereka disambut oleh Sultan Pontianak Syarif Abubakar Mahmud Alkadrie. Presiden kemudian segera membuka Karnaval Air yang menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan budaya air.

Kemudian suasana pun makin semarak dengan adanya 250 iring-iringan kapal yang sudah dihias melintasi Sungai Kapuas. Berbagai tarian, mulai dari tari khas Dayak hingga barongsai dilakukan di atas kapal. Di sela-sela karnaval, ada pula 58 meriam karbit yang diletuskan.

Karnaval Air dan rangkaian acara Karnaval Khatulistiwa lainnya pun berlangsung begitu semarak dan berakhir dengan sukses. Warga serta turis senang bisa menyaksikan karnaval yang semarak ini. Tak sedikit yang mengharapkan acara itu bisa diselenggarakan setiap tahun.

Nah bagi traveler yang belum sempat hadir, jangan khawatir. Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan bahwa acara tersebut bisa jadi akan hadir kembali tahun depan. Karena memang berpotensi menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

"Tahun depan tentu tempatnya akan pindah lagi. Tapi kami harap pemerintah daerah di sini tetap selenggarakan, jadi setiap tahun ada acara ini di berbagai tempat," ujar Arief saat ditemui di Hotel Mercure, Jl Bansir Laut, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (21/8) lalu.

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA