Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jun 2016 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

11 Hal Tentang Masjid Nabawi yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Masjid Nabawi dengan payung raksasanya (Shafa/detikTravel)
Foto: Masjid Nabawi dengan payung raksasanya (Shafa/detikTravel)

FOKUS BERITA

Masjid Cantik Dunia
Madinah - Salah satu tempat ibadah cantik yang paling disucikan umat Muslim dunia adalah Masjid Nabawi di Madinah. Di balik kecantikannya, terselip berbagai hal menarik.

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah banyak diketahui, masjid ini menjadi terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Rumah ibadah tersebut juga merupakan tujuan bagi umat yang ingin ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

Selain kedua fakta tersebut, ada informasi-informasi lain yang membuat masjid ini begitu istimewa. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2016), inilah 11 hal menarik tentang Masjid Nabawi yang mungkin traveler belum tahu:

1. Faktor unta Nabi Muhammad SAW

Sebelum menjadi masjid yang begitu besar seperti sekarang, dahulu Nabawi merupakan lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Lokasi pembangunan masjid ini merupakan tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Rasulullah ketika tiba di Madinah.

2. Pernah terbakar api

Beberapa ratus tahun setelah didirikan, Masjid Nabawi sempat terbakar. Api yang berkobar menghancurkan atap, tiang masjid hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW. Tapi kemudian, rumah suci itu segera direnovasi oleh para pemimpin negara Muslim.

3. Tempat pertama yang dialiri listrik di Jazirah Arab

Ketika Kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang menikmati listrik merupakan Masjid Nabawi. Masjid ini mulai menyala sekitar tahun 1909.

4. Kini ukuran masjid lebih luas dari kota kuno Madinah

Saat pertama kali dibangun oleh Rasulullah, Masjid Nabawi berukuran sekitar 50 meter x 50 meter. Namun seiring perkembangan zaman, serta makin banyak jamaah yang datang, masjid terus diperluas.

Kini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi. Masjid Nabawi sendiri sekarang bahkan berkali-kali lipat lebih luas dari Kota Madinah di masa lampau. Ukurannya adalah makam Baqi yang pada masa nabi disebut ada di pinggir Madinah, tapi sekarang lokasinya sudah dekat dengan Masjid Nabawi.

5. Ada makam kosong di ruang Nabi

Adanya makam kosong yang berdekatan dengan lokasi Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dikebumikan ini telah lama melegenda. Kabar mengenai makam kosong itu sebenarnya disiapkan untuk Nabi Isa AS pun masih simpang siur.

6. Kubah masjid dulunya sempat berwarna ungu

Kubah terkenal di Masjid Nabawi pernah dicat berwarna ungu sekitar 150 tahun lalu. Ungu dipilih karena kabarnya warga Arab di wilayah Hijaz menyukai warna tersebut.

7. Punya tiga mihrab

Mihrab merupakan bagian dari masjid yang dipakai imam untuk memimpin salat. Biasanya masjid mempunyai 1 mihrab saja, tapi tidak dengan Nabawi. Ada tiga mihrab di sana.

Satu mihrab yang kini digunakan sang imam pemimpin salat berjamaah. Mihrab lainnya adalah Suleymaniye yang dibangun atas perintah Sultan Suleyman untuk imam Hanafi memimpin solat. Sedangkan satu lagi adalah mihrab untuk imam Maliki yang dulunya sering ditempati Rasulullah untuk memimpin salat.

8. Isi barang di kamar Fatimah kini ada di Istanbul

Barang-barang milik Nabi Muhammad SAW dulu disimpan di dalam kamar Fatimah. Ketika Madinah dikepung saat Perang Dunia I, panglima Ottoman memerintahkan untuk memindahkan barang tersebut ke Istanbul. Sekarang benda-benda dari kamar fatimah bisa dilihat di Museum Topkapi di Istanbul, Turki.

9. Banyak tanda rahasia

Ternyata, beberapa sisi Masjid Nabawi memiliki tanda rahasia. Beberapa pilar ditandai secara khusus untuk mengingatkan tempat itu di masa lalu adalah lokasi yang penting. Banyak jamaah yang tidak mengetahui hal ini.

10. Payung raksasa dibuat dengan kerjasama perusahaan Jerman dan Jepang

Di pelataran Masjid Nabawi ada puluhan payung raksasa yang otomatis terbuka sebelum adzan subuh dan tertutup menjelang magrib. Payung-payung itu ditempatkan pada 2010 sebagai proyek Medina Haram.

Proyek tersebut melibatkan berbagai pihak termasuk arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi, pabrik payung Jerman yaitu Liebherr serta perusahaan Jepang bernama Taiyo Kogyo.

11. Pita yang bisa menurunkan suhu

Pada pinggir payung raksasa, ada pita biru yang mengelilinginya. Pita itu terbuat dari material khusus, di mana si pita bisa membuat suhu di bawahnya turun 8 derajat Celcius secara otomatis. Di tengah suhu sekitar yang bisa mencapai 45 derajat, tak heran banyak jamaah yang senang berlindung di bawah payung-payung itu.

Payung Masjid Nabawi (Shafa/detikTravel)
(krn/fay)

FOKUS BERITA

Masjid Cantik Dunia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED