Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jul 2017 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Cara Kerja Forum Banyuwangi Bebas Sampah

Ardian Fanani
Redaksi Travel
Foto: (istimewa)
Foto: (istimewa)
Banyuwangi - Berbagai cara dan upaya dilakukan oleh forum Banyuwangi Bebas Sampah meminimalisir pertumbuhan sampah di Banyuwangi. Ini caranya, yuk disimak!

Caranya adalah menggunakan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Selain diterapkan, sistem ini juga disosialisasikan ke masyarakat.

Salah satunya adalah sosialisasi yang dilakukan di Pulau Santen, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi. Mereka melakukan pendampingan terhadap warga pesisir pantai untuk memanfaatkan sampah plastik yang tak bisa diurai dalam waktu singkat, menjadi barang yang bermakna. Salah satunya adalah kursi mod yang terbuat dari botol plastik bekas yang berisi guntingan sampah plastik yang sangat padat.

"Kita dampingi mereka melakukan upaya meminimalisir sampah plastik dengan ecobrick. Tidak harus untuk bangunan. Tapi juga bisa menjadi tempat duduk, perahu dan masih banyak lagi," ujar Rahmadinata Syafaat salah satu anggota Forum Banyuwangi Bebas Sampah, kepada detikTravel, Rabu (26/7/2017).

Menurut pria yang biasa dipanggil Dimas ini, dalam gerakan kepedulian terhadap sampah, masing-masing anggota menerapkan "zerowaste" lifestyle. Penerapan yang dilakukan mulai diri sendiri itu diterapkan sehari-hari. diantaranya dengan diet kantong plastik, beralih ke kantong tas yang bisa digunakan berkali-kali, menghindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar, memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai, melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dan masih banyak lagi.

"Kita memberi contoh kepada masyarakat untuk diet kantong plastik. Kita mulai dari pribadi kita masing-masing. Dan kita tularkan untuk merubah mindset masyarakat. Memang sulit tapi harus kita lakukan," tambahnya. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED