Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Agu 2017 21:25 WIB

TRAVEL NEWS

Open Trip yang Kian Digemari Anak Muda

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: (Thinkstock)
Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Berbagai tren traveling semakin berkembang. Termasuk open trip yang kian digemari anak muda.

Beberapa tahun belakangan pecinta traveling makin akrab dengan istilah open trip. Di mana traveler yang mungkin hanya sendiri atau kelompok kecil ingin ikut suatu trip dengan rombongan lebih ramai ke destinasi tertentu, tinggal membayarkan sejumlah uang kepada penyelenggara.

Biasanya open trip ini akan berjalan jika kuota yang telah ditentukan penyelenggara, dalam hal ini bukan travel agent besar, telah terpenuhi. Yang pasti traveler bisa liburan lebih santai karena berbagai kebutuhan telah diurus oleh sang penyelenggara.

Dalam perbincangan telepon dengan detikTravel, Selasa (22/8/2017), pengamat dan praktisi yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di dunia pariwisata, Tedjo Iskandar mengatakan bahwa dengan adanya kemajuan teknologi, di mana semua sudah online, traveling model open trip ini cukup digemari para anak muda yang doyan jalan-jalan.

"Tren bisa terjadi tapi buat anak-anak baru dan suka traveling adventure bukan buat keluarga. Kita akan risih untuk tidur sekamar dengan orang yang tidak kita kenal bukan soal security, kenyamanan," ujar Tedjo.

"Tapi mungkin dengan generasi baru ini mereka sudah tidak peduli yang penting hemat," imbuhnya.

Karena berangkat ramai-ramai meskipun dengan kenalan baru, biaya memang jadi lebih murah. Penyelenggaranya pun sudah banyak menyebar ajakan open trip hingga ke forum-forum traveling.

"Traveling yang seperti open trip ini mereka sudah jalan sendiri. Bisa pesen tiket pesawat cari yang paling murah, nginep di hotel yang BnB. Mereka bisa lempar ke suatu forum, siapa mau ikutan," katanya.

Open trip ini tak hanya di dalam negeri saja, tapi juga ada buat traveling ke luar negeri. Dengan biaya yang lebih hemat, uang yang ada bukan tidak mungkin bisa cukup buat liburan yang lebih panjang.

"Sama dengan kita ke Paris. Di Paris cari hotel yang ada dapur, nginep di apartemen 2 kamar bisa masak maka akan irit. Semakin irit bisa perpanjang 2 hari lagi kan. Semua sudah menuju ke ekonomi, berhemat sudah," papar Tedjo. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.