Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Sep 2017 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Aceh Promosi Kopi Gayo Sampai ke Turki

Agus Setyadi
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Banda Aceh - Pemerintah Aceh mempromosikan Kopi Gayo di event berskala internasional di Turki. Hal ini dilakukan meningkatkan ekspor komoditi Aceh sekaligus menggaet turis.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf akan mempromosikan Kopi Gayo pada acara Istanbul Coffee Festival (ICF) dan Istanbul-Aceh Business Investment Forum di Istanbul, Turki yang berlangsung pada tanggal 21-24 September 2017.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, mengatakan, Istanbul Coffee Festival (ICF) yang dilaksanakan di KucukCiftlik Park merupakan forum pertemuan para pengusaha dan produsen kopi international. Di sana akan mempertemukan pembeli, penjual dan partner bisnis potensial.

"Lokasi Istanbul yang merupakan pintu masuk utama ke pasar Turki untuk kegiatan internasional, letaknya yang strategis dan merupakan hubungan perdagangan ke wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika, sehingga produk kopi dari Aceh bisa masuk wilayah tersebut," kata Mulyadi dalam keterangan tertulis kepada detikTravel, Rabu (20/9/2017).

Menurut Mulyadi, Pemerintah Aceh yang didukung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, bersama pengusaha mengikuti acara ini dengan pertimbangan, forum tersebut merupakan salah satu ajang promosi kopi terbesar dan terpenting di Turki. Forum tersebut juga merupakan platform strategis dalam membentuk kerjasama dengan partner bisnis potensial.

"Selama ini Turki melakukan transaksi impor kopi senilai USD 130,5 juta per tahun, dengan penduduk 80 juta jiwa, serta penghasilan perkapita USD 10.500, sangat berpotensi untuk meningkatkan transaksi impor dari Aceh sebagai penghasil kopi Arabika terbesar di Indonesia," urai Mulyadi Nurdin.

Selama kegiatan berlangsung, Pemerintah Aceh akan membuka booth pameran untuk memperkenalkan biji kopi arabica, tester kopi dan lainnya.

"Nantinya Gubernur Aceh akan diberikan kesempatan khusus untuk memaparkan Gayo Arabica Coffee pada acara pembukaan International Coffee Forum tanggal 21 September 2017," jelas Mulyadi.

Acara di Istanbul tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Aceh, Bupati Bener Meriah, Kepala Dinas Penanaman modal, Dinas Pariwisata, Dinas Industri dan Perdagangan, serta sejumlah pengusaha.

Sedangkan pada 22 September 2017, Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Aceh bersama Para pengusaha Turki yang difasilitasi oleh Hemin Hetay Group, akan melaksanakan Pertemuan Istanbul-Aceh Business Investment Forum di Hotel Hilton Boshporus.

"Gubernur Irwandi akan memaparkan Aceh Investment Profile, di hadapan 100 pengusaha Turki dengan Fokus pemaparan menjelaskan tentang prospek investasi Aceh di sektor infrastruktur dan energi, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Agro Industry (CPO dan Oil Refinary), ekspor kopi Arabica melalui KEK Arun, serta pariwisata," ungkapnya.

Diharapkan dengan kehadiran Gubernur Aceh di Turki akan meningkatkan ekspor komoditi produk Aceh, peningkatan kunjungan turis Turki ke Aceh dan terjalinnya kerjasama dalam bidang Investasi, terutama kerjasama energi ramah lingkungan dan kerjasama dengan Pemerintah Istanbul. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Negara Tempat Lahirnya Kopi

Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Inilah konon di mana biji kopi dilahirkan. Dari warung pedesaan hingga kafe kekinian menyajikan kopi yang berawal mula dari sini, tempat kelahirannya, Ethiopia.