Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Okt 2017 15:05 WIB

TRAVEL NEWS

Yang Akan Dilakukan Kementerian Pariwisata Pada Mandalika

Afif Farhan
Redaksi Travel
Pantai-pantai indah di Mandalika (Faela Shafa/detikTravel)
Pantai-pantai indah di Mandalika (Faela Shafa/detikTravel)
Mandalika - Mandalika di Lombok baru saja diresmikan Presiden Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Inilah yang akan dilakukan Kementerian Pariwisata di sana.

Kawasan Mandalika di Lombok Tengah, NTB punya luas 1.034 hektar. Akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi bersama jajaran menteri termasuk Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Mandalika sebagai KEK. Pun, Mandalika masuk dalam daftar 10 Destinasi Prioritas atau juga dikenal dengan nama 10 Bali Baru.

Apa saja potensi wisata Mandalika dan apa yang akan dilakukan Kementerian Pariwisata di sana?

"Pertama, Mandalika sangat cocok untuk wisata pantai. Dari segi potensi wisata pantai, Mandalika mempunyai garis pantai berpasir putih sepanjang 16 km yang menawarkan sisi nature kelas dunia. Dengan 5 pantai (Kuta, Serenting, Seger, Tanjung Aan dan Grupuk), yang sangat indah," papar Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada detikTravel, Senin (23/10/2017).

Yang Akan Dilakukan Kementerian Pariwisata Pada MandalikaPantai Tanjung Aan (Widiarto Dwi Pracoyo/d'Traveler)


Tak hanya pantai dengan panorama cantik, Arief menjelaskan kalau Mandalika juga cocok dikembangkan untuk water sport. Beberapa pantai punya kondisi ombak yang menantang.

"Water sport tourism cocok di sana seperti yachting, jetski, surfing, snorkeling, diving, surfing dan parasailing," ujarnya.

Panorama indah dari MandalikaPanorama indah dari Mandalika (Kurnia/detikTravel)


"Ketiga, yang akan dikembangkan di Mandalika adalah motor sport tourism. Diwujudkan dengan rencana membangun Street Circuit Mandalika sekelas Moto GP. Memanfaatkan jalan kawasan yang sudah ada sebagai seasonal race track, tanpa membangun sirkuit tertutup permanen," tambah Arief.

Terakhir, Arief menekankan soal Eco Torusim. Di mana, seluruh infrastruktur di Mandalika menggunakan energi dan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

"Di mana seluruh infrastruktur kawasan (SWRO, Listrik tenaga Surya, Waste Management System) menggunakan sustainable energy dan resources," tutup Arief Yahya.

Saksikan video 20detik tentang Mandalika di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED