Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jan 2018 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Selandia Baru Larang Turis Pipis Sembarangan

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Keindahan alam Selandia Baru (Thinkstock)
Foto: Keindahan alam Selandia Baru (Thinkstock)
Wellington - Buang air sembarangan tentunya tidak terpuji. Turis yang mau wisata ke Selandia pun diminta berjanji untuk bersikap baik.

Perusahaan pariwisata Selandia Baru, Tourism Holdings Limited (thl) berencana mengajak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Selandia Baru untuk berperilaku baik selama berwisata di negara ini.

Dikutip detikTravel dari NZ Herald, Rabu (10/1/2018), thl akan membuat semacam perjanjian yang disebut sebagai Kiwipledge. Jadi traveler yang berkunjung akan diminta menandatangani perjanjian untuk menjadi turis yang bertanggung jawab.

Ada sejumlah poin dalam perjanjian tersebut, seperti menghargai dan menghormati berbagai tempat yang didatangi, menjadi traveler yang akan mencari teman baru dan hanya membawa pulang kenangan, berhati-hati di jalanan dan hanya parkir di tempat yang telah ditentukan.

Buat yang mau kemping juga diminta berjanji untuk tidak buang air di sembarang tempat. Selain itu, kalau mau foto-foto harus hati-hati, jangan sampai rela membahayakan diri hanya untuk mendapatkan foto yang bagus.

(dok Tourism New Zealand)(dok Tourism New Zealand)
Nah, wisatawan akan diminta menandatangani perjanjian ini lewat situs perusahaan thl. Nantinya akan ada peluncuran sebuah laman dari situs thl. Kiwipledge kini tengah didesain sedemikian rupa, dan thl pun mengajak semua aspek industri pariwisata untuk bekerjasama mendukung konsep ini.

Seperti diberitakan News Australia, ide membuat perjanjian ini terinspirasi dari inisiatif Visit Iceland. Sebelumnya juga telah banyak laporan mengenai turis yang tidak bertanggung jawab. Termasuk traveler yang kedapatan buang air besar sembarangan di tempat umum. Duh!

BACA JUGA: Harus Janji Sayang Lingkungan Dulu Kalau Mau ke Negara Ini

thl sendiri tidak mengambil keuntungan komersial dari adanya Kiwipledge. thl berharap semua turis yang akan ke Selandia Baru melihat dan berkomitmen untuk menepati Kiwipledge. Demi terwujudnya pariwisata yang lebih baik, serta meningkatkan kesadaran untuk selalu berprilaku sesuai norma, meskipun bagi yang melanggar Kiwipledge tidak ada sanksi yang diberikan.

thl ingin menerapkan konsep berbeda, dengan melakukan pendekatan berbasis nilai untuk menunjukkan harapan kepada traveler dan mengarahkan ke arah positif. Kiwipledge ini nantinya bisa menjadi alat untuk menuntun traveler dan mengingatkan bagaimana untuk bersikap. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!

Foto: Toilet Umum Terindah di Dunia

Jumat, 20 Apr 2018 21:55 WIB

Toilet umum pasti lekat dengan suasana yang kurang higienis. Rasanya cuma di Norwegia, ada toilet pinggir jalan yang tak cuma bersih tapi terlalu cantik!