Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jan 2018 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

10 Festival Musik, Seni dan Sastra Paling Oke Tahun 2018

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Infografis Event Wisata Seni dan Sastra 2018 (dok detikTravel)
Infografis Event Wisata Seni dan Sastra 2018 (dok detikTravel)

FOKUS BERITA

Persiapan Liburan 2018
Jakarta - Sekarang banyak traveler pergi untuk menonton festival musik atau nimbrung ke acara sastra. Tahun 2018, bakal banyak acara serupa. Ayo ikutan biar kekinian!

Traveler tentu sudah tidak asing dengan event musik Java Jazz atau Ubud Writer Festival di Bali. Tahun ini, sejumlah event itu akan kembali hadir beserta sejumlah acara menarik lainnya.

Dirangkum oleh detikTravel dari data 100 Wonderful event Indonesia 2018 Kemenpar, Jumat (19/1/2018) berikut 10 festival musik, seni dan sastra tahun ini beserta waktu pelaksanaanya:

1. 2 Maret, Java Jazz, Jakarta

Java Jaz merupakan festival musik Jaz terbesar dan paling memukau di Indonesia. Dihadiri oleh berbagai genre musik berbalut Jazz, festival ini senantiasa menampilkan para legenda hingga bintang yang sedang bersinar. Diselenggarakan secara rutin pada minggu pertama Maret, festival ini menjadi perayaan musik para pecintanya dari berbagai generasi.

2. 2-8 April, Bali Spirit Festival, Bali

Bali Spirit Festival mewujudkan mantra inti Hinduisme Bali Tri Hita Karana untuk hidup selaras dengan lingkungan spiritual, sosial, dan alam. Melalui tradisi yoga, tari, penyembuhan dan musik dunia, Bali Spirit Festival menarik lebih dari 7.000 orang dari seluruh dunia setiap tahunnya. Bukan main!

3. 4 Mei-4 Juni, Art Jog Yogyakarta

Art Jog merupakan pameran seni rupa kontemporer yang dilaksanakan setiap
tahun di Yogyakarta dan dihadiri lebih dari 50 ribu pengunjung domestik maupun mancanegara. Festival Seni Rupa Kontemporer terbesar se-Indonesia yang terlaksana secara berkelanjutan setiap tahun sejak tahun 2008.

4. 12-15 Juli, Aceh International Rapa'i Festival

Aceh tidak mau kalah dengan menghadirkan Aceh International Rapa'i Festival. Ini merupakan event musik perkusi bertaraf internasional. Perhelatan ini sebagai salah satu langkah dan komitmen Pemerintahan Aceh dalam melestarikan kesenian tradisi yang berkesinambungan sebagai jati kebudayaan Aceh.

5. 6-8 September, Solo International Performing Arts (SIPA)

Tahun 2018 ini pagelaran maha karya seni pertunjukan internasional hadir
kembali dalam Solo International Performing Art (SIPA). Berlangsung selama 3 malam yakni 6-8 September 2018, SIPA akan menampilkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia.

Mereka menampilkan artis-artis dari dalam dan luar negeri. Seluruh masyarakat dan pecinta seni dapat menyaksikan pergelaran ini tanpa dipungut biaya. Pecinta teater wajib hadir nih!

6. 12-21 Oktober, Indonesia Art Mart, Surabaya

Indonesian Art Mart atau Pasar seni Lukis Indonesia (PSLI) dikenal sebagai ajang pertemuan para pelukis realis terbesar dan berlangsung secara berkelanjutan selama lebih dari satu dekade. Event ini diikuti tak kurang dari dua ratus pelukis yang memamerkan karya mutakhirnya.

Sepanjang sepuluh hari pameran, dipentaskan pula teater, musik dan tari kontemporer. Menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018, tahun ini disemarakkan oleh kehadiran pelukis dari berbagai negara Asia.

7. 19-21 Oktober, Sawahlunto International Music Festival

Simfes merupakan festival musik komposisi etnik, modern dan kontemporer
di kota Sawahlunto. Event tahunan ini berkonsep pagelaran musik etnik dari
berbagai benua serta mendukung keberagaman etnik Kota Sawahlunto sebagai kota sejarah.

8. 25 Oktober-3 November, Ubud Writer Festival, Bali

Ubud Writer and Reader Festival (UWRF) dianggap dalam lima festival terbaik dunia karena keunikan penyelenggaraan, pembicara yang hadir, kehangatan pesertanya dan tema yang selalu menarik. UWRF menyelenggarakaan rangkaian acara sampingan mulai dari peluncuran buku, festival anak, penyuluhan lingkungan, lokakarya kuliner hingga kompetisi puisi.

9. 23-25 November, Borobudur Writer and Culture Festival, Magelang

Diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2010, setiap tahun Borobudur Writer and Culture Festival (BWCF) mengambil tema segar yang memuliakan mahakarya Borobudur dan masyarakat sekitarnya. Akan ada penjelajahan ke desa-desa sekitar serta penyelenggaraan festival desa dan lokakarya kreatif dengan pengrajin setempat.

10. 1-8 Desember, Jogja Netpac Asia Film Festival

Nah, untuk traveler penggemar film, ada Jogja Netpac Asia Film Festival (JAFF). Ini adalah ruang kreatif yang menggunakan film sebagai medium untuk mempertemukan pelaku film, akademisi, khalayak umum dan sektor lainnya (pelaku ekonomi, pariwisata, pemberdayaan masyarakat dsb) dalam bentuk festival.

Agar lebih jelasnya, ayo simak infografis berikut ini:


Foto: (dok detikTravel)
(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Persiapan Liburan 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED