Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jan 2018 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

4.000 Wisatawan Nonton Gerhana, Ini Kesiapan Planetarium Jakarta

Ilustrasi Planetarium Jakarta (Afif/detikTravel)
Jakarta - Diestimasi, 4.000 wisatawan akan memadati Planetarium Jakarta besok untuk melihat gerhana bulan. Untuk itu, pihak planetarium melakukan beberapa persiapan.

Fakta itu pun dijelaskan oleh Kepala Bagian Pusat Observatorium dan Planetarium Jakarta, Eko Wahyu Wibowo saat dihubungi detikTravel via sambungan telepon, Selasa (30/1/2018).

Lewat situs resmi Planetarium Jakarta, sebelumnya pihak pengelola mengharuskan traveler untuk mendaftar secara online lebih dulu apabila ingin melihat gerhana bulan di sana.

"Kemarin memang kami menyebarkan brosur untuk pendaftaran. Dikarenakan kita ingin membuat estimasi persiapan kami harus menyediakan astronomnya berapa, alatnya berapa. Tapi pada prinsipnya, mereka datang langsung juga boleh. Karena nanti pada pukul 17.00 akan kita data untuk pemakaian teleskop," ujar Eko.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Eko, dari data pendaftaran online diketahui sudah ada sekitar 4.000 lebih wisatawan yang berminat untuk melihat gerhana bulan besok di Planetarium Jakarta. Lantas bagaimana kesiapan pengelola?

"Sekarang jumlahnya sudah di atas 4.000, sehingga kami yang tadinya menyiapkan 22 astronom kita siapkan 37 astronom. Bagaimana kami menyiapkan komunitas astronomi, kemudian juga teleskop yang tadinya kami siapkan 11 sekarang kami siapkan 16, mengingat data yang kami peroleh seperti itu," jelas Eko.

[Gambas:Video 20detik]

Lebih lanjut, nantinya akan ada 1 komunitas astronomi dari Asosiasi Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (AHAAJ) yang berada di bawah pembinaan Planetarium Jakarta.

"Mereka kita libatkan, ada sekitar 30 orang di samping astronom kami yang ada 7 orang," tutup Eko.

Rencananya, acara nonton gerhana bulan langka besok di Planetarium Jakarta akan dimulai pukul 17.00 WIB. Acara pengamatan gerhana akan didahului lebih dulu dengan sholat gerhana.

BACA JUGA: Mau Lihat Gerhana Bulan? Ini 4 Tempatnya di Jakarta
(rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA